EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KESEHATAN MELALUI SHORT VIDEO BAGI PERUBAHAN PERILAKU KESEHATAN

Authors

  • Davin Risy Al Hanif UPN Veteran Jakarta
  • Vina Mahdalena ID SCOPUS : 57203781333 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Lusia Handayani UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5725

Keywords:

efek media, komunikasi kesehatan, media baru, tiktok, perilaku kesehatan

Abstract

Mencuci tangan dengan gerakan yang benar merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Untuk itu akun Alodokter Indonesia mencoba untuk melakukan edukasi komunikasi kesehatan di media baru melalui posting video “Gerakan Cuci Tangan yang Benar” melalui akun TikTok @Alodokter.ID. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif posting video “Gerakan Cuci Tangan yang Benar” dengan menggunakan teori media baru dan efek media. Metode penelitian kuantitatif eksplanatif digunakan untuk meneliti 100 followers akun TikTok @Alodokter.ID sebagai sampel penelitian. Penarikan data sampel menggunakan metode purposive, nonprobability sampling dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ditolak dan  diterima: Posting video “Gerakan Cuci Tangan yang Benar” dinilai efektif dalam mengubah perilaku kesehatan mencuci tangan followers akun TikTok @Alodokter.ID, namun hanya sampai pada tahap sikap dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,589 yang termasuk dalam kategori “sedang” dan nilai regresi yang positif 0,694. Short video telah menjadi media kampanye yang efektif di dunia komunikasi khususnya kesehatan. Daya tarik pesan pada short video menjadi tolak ukur tertinggi bagi audiens untuk melanjutkan atau mengganti video yang sedang ditonton.

References

Al-Dmour, H., Masa’deh, R., Salman, A., Abuhashesh, M., & Al-Dmour, R. (2020). Influence of social media platforms on public health protection against the COVID-19 pandemic via the mediating effects of public health awareness and behavioral changes: Integrated model. Journal of Medical Internet Research, 22(8). https://doi.org/10.2196/19996

Alodokter. (2020, February 28). Jangan Asal Cuci Tangan! Cara Mencuci Tangan yang Benar. TikTok @Alodokter.Id. https://www.TikTok.com/@alodokter.id/video/6798452491399810305

Asra, A., & Rudiansyah. (2013). Statistika Terapan Untuk Pembuat Kebijakan dan Pengambil Keputusan (1st ed.). IN MEDIA.

Azwar, S. (2022). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Bannor, R., Asare, A. K., & Bawole, J. N. (2017). Effectiveness of social media for communicating health messages in Ghana. Health Education, 117(4), 342–371. https://doi.org/10.1108/HE-06-2016-0024

Cahyandani, P. A., Riyantini, R., & Mahdalena, V. (2022). PESAN PERSUASIF “PERIKSA LEHER ANDA” PADA INSTAGRAM @PITATOSCA DAN PERILAKU DETEKSI DINI GANGGUAN TIROID. EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 5(1), 71. https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3139

Chen, L., Tang, H., Liao, S., & Hu, Y. (2021). E-Health Campaigns for Promoting Influenza Vaccination: Examining Effectiveness of Fear Appeal Messages from Different Sources. Telemedicine and E-Health, 27(7), 763–770. https://doi.org/10.1089/tmj.2020.0263

Juditha, C. (2014). Penilaian Masyarakat Sulawesi Selatan Terhadap Kredibilitas Komunikator Politik Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014. In Jurnal Pekommas (Vol. 17, Issue 3).

Kontur, R. (2005). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Penerbit PPM.

Liliweri, A. (2007). Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Pustaka Pelajar.

Liqian, H. (2018). STUDY ON THE PERCEIVED POPULARITY OF TIK TOK.

Maryam, S., Rahman, M. A., Priliantini, A., Pembangunan, U., Veteran, N., Jl, J. R. S., Fatmawati, N., & Selatan, J. (2019). Pengaruh Kampanye Imunisasi Measles Rubella melalui Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terhadap Perilaku Masyarakat The Influence of Rubella Measles Immunization Campaign through Public Service Announcement by the Indonesia Ministry of Health on Community Behavior. 21(1), 43–57. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.hal

Maulida, H., W, R. Y. P., & Nugrahenti, M. C. (2020). Komunikasi Kesehatan Perilaku Hidup Sehat #JSR Di Media Sosial. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.44

Mubtadi, V. (2020, March 5). Video Cara Cuci Tangan Cegah Virus Corona Viral di TikTok. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/video-cara-cuci-tangan-anti-virus-corona-viral-di-TikTok-/5316009.html

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (p. 135). Rajawali Pers.

Purwantoro, T. (2020). Kredibilitas Komunikator pada Destinasi Wisata Melalui Media Sosial (Video Viral Negeri di Atas Awan Citorek, Banten). EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 3(2), 157. https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1863

Sari ZA, A. F., Sari, N. P., & Nabila, N. (2019). Promosi Kesehatan “Sadari” Menggunakan Instagram pada Mahasiswi Non Kesehatan Universitas Andalas. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(3), 253. https://doi.org/10.30597/mkmi.v15i3.6270

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukendar, M. U. (2017). Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktek (1st ed.). Deepublish.

We Are Social, & Hootsuite. (2020, January 30). DIGITAL 2020: 3.8 BILLION PEOPLE USE SOCIAL MEDIA. https://wearesocial.com/uk/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media/

Wilujeng, C. S., & Handaka, T. (2017). Komunikasi Kesehatan: Sebuah Pengantar (1st ed.). UB Press.

Yusuf, A. R. V. M., & Prianggono, J. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Terhadap Sikap Patuh Pedagang Kios Candi Borobudur Pada Protokol Kesehatan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(6), 179–188.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Published

2023-06-02

Issue

Section

Artikel