KONTEN MICROBLOG AKUN INSTAGRAM @TEMPATPULANG SEBAGAI MEDIA KOGNISI POLA MINUM KOPI YANG SEHAT
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4406Keywords:
microblog, kopi pulang, kognisi, pola minum kopi yang sehatAbstract
Perkembangan media komunikasi yang didasari oleh perkembangan teknologi digital saat ini sangatlah pesat, terutama media sosial. Saat ini dapat dikatakan bahwa mayoritas orang sudah dapat memanfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan orang lain. Salah satu media sosial yang sedang trend saat ini adalah instagram. Kopi Pulang coffee shop telah menggunakan instagram sebagai media untuk mengkognisi masyarakat tentang pola minum kopi yang sehat dalam bentuk konten visual microblog pada akun @tempatpulang. Pola minum kopi yang sehat terdiri atas 6 indikator, yaitu: pemilihan dan pemrosesan biji kopi yang tepat, metoda pembuatan minuman kopi yang tepat, takaran wajar minum kopi, waktu minum kopi yang tepat, campuran minuman kopi yang tepat, dan temperatur air kopi yang tepat. Penelitian ini bertujuan mempelajari apakah konten pada microblog @tempatpulang telah mecakup keenam indikator tersebut. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 indikator tentang pola minum kopi yang sehat yang telah diposting oleh akun microblog @tempatpulang. Ketiga indikator tersebut adalah: pemilihan dan pemrosesan biji kopi yang tepat, metoda pembuatan minuman kopi yang tepat, dan waktu minum kopi yang tepat.
References
Afifah, K. N. (2020). Microblog pada Instagram Sebagai Media Informasi Pengembangan Diri. Angewandte Chemie International Edition (Vol. 5). Retrieved from https://www.mendeley.com/catalogue/cb4dfe35-722e-39c8-b792-345f3fc4602a/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B014b8362-2067-4d1f-b062-95c0df614272%7D
Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media pada Pola Komunikasi Masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26–37. Retrieved from http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499
Cania, N., & Heryani, R. D. (2020). Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Peserta Didik Di Smk Plus Pelita Nusantara. Research and Development Journal of Education, 1(1), 91. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7562
Dewi, K., Indahwati, K., & Febrianti, L. (2021). Microblog dan Mobile Learning: Inovasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Creativity Skill. Jurnal Pendidikan …, 9(3), 164–174. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/36250
Firdaus, F., Zulfadilla, Z., & Caniago, F. (2021). Research Methodology : Types in the New Perspective. Manazhim, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.903
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963
Hasby, M. A., Armayuda, E., & Haq, B. N. (2020). Strategi Konten Instagram untuk Edukasi Pola Minum Kopi yang Sehat pada Usia Muda Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 4 No 3 Bulan November 2020. Jurnal IKRA-ITH HUmaniora, 4(1), 194–203.
Indrawan, J., & Ilmar, A. (2018). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 11–17.
Jelicic Kadic, A., Kovacevic, T., Runjic, E., Simicic Majce, A., Markic, J., Polic, B., … Puljak, L. (2020). Research methodology used in the 50 most cited articles in the field of pediatrics: Types of studies that become citation classics. BMC Medical Research Methodology, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12874-020-00940-0
Jumal Ahmad. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). ResearchGate, (June), 1–20. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/325965331
Kolmykova, M., Gavrilovskaya, N., Barsukova, M., & Kozlovskaya, D. (2021). Use of Microblogging, Social Networking, and Short Messages in E-learning for Information Culture Building. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(4), 22–37. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i14.22391
KURNIANTO, Y. T. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMASARAN MINUMAN DI BANJARBARU ( Studi Pada Akun Instagram @ tempatbiasa . kopi ). Ilmu Komunikasi, 8.
Maulidan, M., & Alam, T. S. (2018). Insomnia dan Kecemasan pada Masyarakat yang Mengkonsumsi Kopi. Jim Fkep, III(3), 241–247.
Muslim. (2016). Varian-varian paradigma, pendekatan, metode, dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654
Osuagwu, L. (2020). Research Methods: Issues and Research Direction. Business and Management Research, 9(3), 46. https://doi.org/10.5430/bmr.v9n3p46
Sakyi, K. A., Musona, D., & Mweshi, G. (2020). Research Methods and Methodology. Advances in Social Sciences Research Journal, 7(3), 296–302. https://doi.org/10.14738/assrj.73.7993
Salafudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi Pada Taman Baca WIDYA PUSTAKA Kabupaten Pemalang. Kompasiana.Com. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50376/1/SP19060.pdf
Samoggia, A., & Riedel, B. (2019). Consumers’ perceptions of coffee health benefits and motives for coffee consumption and purchasing. Nutrients, 11(3). https://doi.org/10.3390/nu11030653
Setia Wibowo, B. (2018). Pengaruh Instagram Online Store, Konformitas Dan Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.18196/bti.91095
Sujiono, Y. N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Penerbit Universitas Terbuka, 1–35. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4687/2/PAUD4101-TM.pdf
Thomas, D. R., & Hodges, I. D. (2020). Dietary Research on Coffee: Improving Adjustment for Confounding. Current Developments in Nutrition, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1093/CDN/NZZ142
Welkriana, P. W., Halimah, H., & Putra, A. R. (2017). Pengaruh Frekuensi Minum Kopi Terhadap Kadar Asam Urat Darah. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 83. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i1.839
Yusron, I. R. (2020). Motivasi Altruistik : Pemacu Kebutuhan Mengkognisi dan Ketajaman Fungsi Eksekutif, (November). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29027.78885
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Iman Tauhid, Twin Agus Pramonojati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).