KONTEN MICROBLOG AKUN INSTAGRAM @TEMPATPULANG SEBAGAI MEDIA KOGNISI POLA MINUM KOPI YANG SEHAT

Authors

  • Muhammad Iman Tauhid Program Studi Ilmu Komunikasi, Telkom University
  • Twin Agus Pramonojati Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4406

Keywords:

microblog, kopi pulang, kognisi, pola minum kopi yang sehat

Abstract

Perkembangan media komunikasi yang didasari oleh perkembangan teknologi digital saat ini sangatlah pesat, terutama media sosial. Saat ini dapat dikatakan bahwa mayoritas orang sudah dapat memanfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan orang lain. Salah satu media sosial yang sedang trend saat ini adalah instagram. Kopi Pulang coffee shop telah menggunakan instagram sebagai media untuk mengkognisi masyarakat tentang pola minum kopi yang sehat dalam bentuk konten visual microblog pada akun @tempatpulang. Pola minum kopi yang sehat terdiri atas 6 indikator, yaitu: pemilihan dan pemrosesan biji kopi yang tepat, metoda pembuatan minuman kopi yang tepat, takaran wajar minum kopi, waktu minum kopi yang tepat, campuran minuman kopi yang tepat, dan temperatur air kopi yang tepat. Penelitian ini bertujuan mempelajari apakah konten pada microblog @tempatpulang telah mecakup keenam indikator tersebut. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 indikator tentang pola minum kopi yang sehat yang telah diposting oleh akun microblog @tempatpulang. Ketiga indikator tersebut adalah: pemilihan dan pemrosesan biji kopi yang tepat, metoda pembuatan minuman kopi yang tepat, dan waktu minum kopi yang tepat.

Author Biography

Muhammad Iman Tauhid, Program Studi Ilmu Komunikasi, Telkom University

Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University

References

Afifah, K. N. (2020). Microblog pada Instagram Sebagai Media Informasi Pengembangan Diri. Angewandte Chemie International Edition (Vol. 5). Retrieved from https://www.mendeley.com/catalogue/cb4dfe35-722e-39c8-b792-345f3fc4602a/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B014b8362-2067-4d1f-b062-95c0df614272%7D

Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media pada Pola Komunikasi Masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26–37. Retrieved from http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499

Cania, N., & Heryani, R. D. (2020). Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Peserta Didik Di Smk Plus Pelita Nusantara. Research and Development Journal of Education, 1(1), 91. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7562

Dewi, K., Indahwati, K., & Febrianti, L. (2021). Microblog dan Mobile Learning: Inovasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Creativity Skill. Jurnal Pendidikan …, 9(3), 164–174. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/36250

Firdaus, F., Zulfadilla, Z., & Caniago, F. (2021). Research Methodology : Types in the New Perspective. Manazhim, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.903

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963

Hasby, M. A., Armayuda, E., & Haq, B. N. (2020). Strategi Konten Instagram untuk Edukasi Pola Minum Kopi yang Sehat pada Usia Muda Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 4 No 3 Bulan November 2020. Jurnal IKRA-ITH HUmaniora, 4(1), 194–203.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2018). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 11–17.

Jelicic Kadic, A., Kovacevic, T., Runjic, E., Simicic Majce, A., Markic, J., Polic, B., … Puljak, L. (2020). Research methodology used in the 50 most cited articles in the field of pediatrics: Types of studies that become citation classics. BMC Medical Research Methodology, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12874-020-00940-0

Jumal Ahmad. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). ResearchGate, (June), 1–20. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/325965331

Kolmykova, M., Gavrilovskaya, N., Barsukova, M., & Kozlovskaya, D. (2021). Use of Microblogging, Social Networking, and Short Messages in E-learning for Information Culture Building. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(4), 22–37. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i14.22391

KURNIANTO, Y. T. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMASARAN MINUMAN DI BANJARBARU ( Studi Pada Akun Instagram @ tempatbiasa . kopi ). Ilmu Komunikasi, 8.

Maulidan, M., & Alam, T. S. (2018). Insomnia dan Kecemasan pada Masyarakat yang Mengkonsumsi Kopi. Jim Fkep, III(3), 241–247.

Muslim. (2016). Varian-varian paradigma, pendekatan, metode, dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654

Osuagwu, L. (2020). Research Methods: Issues and Research Direction. Business and Management Research, 9(3), 46. https://doi.org/10.5430/bmr.v9n3p46

Sakyi, K. A., Musona, D., & Mweshi, G. (2020). Research Methods and Methodology. Advances in Social Sciences Research Journal, 7(3), 296–302. https://doi.org/10.14738/assrj.73.7993

Salafudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi Pada Taman Baca WIDYA PUSTAKA Kabupaten Pemalang. Kompasiana.Com. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50376/1/SP19060.pdf

Samoggia, A., & Riedel, B. (2019). Consumers’ perceptions of coffee health benefits and motives for coffee consumption and purchasing. Nutrients, 11(3). https://doi.org/10.3390/nu11030653

Setia Wibowo, B. (2018). Pengaruh Instagram Online Store, Konformitas Dan Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.18196/bti.91095

Sujiono, Y. N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Penerbit Universitas Terbuka, 1–35. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4687/2/PAUD4101-TM.pdf

Thomas, D. R., & Hodges, I. D. (2020). Dietary Research on Coffee: Improving Adjustment for Confounding. Current Developments in Nutrition, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1093/CDN/NZZ142

Welkriana, P. W., Halimah, H., & Putra, A. R. (2017). Pengaruh Frekuensi Minum Kopi Terhadap Kadar Asam Urat Darah. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 83. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i1.839

Yusron, I. R. (2020). Motivasi Altruistik : Pemacu Kebutuhan Mengkognisi dan Ketajaman Fungsi Eksekutif, (November). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29027.78885

Published

2023-02-04

Issue

Section

Artikel