PENGARUH KAMPANYE IKLAN #KASIHLEBIHAN GOJEK INDONESIA TERHADAP PERSEPSI PUBLIK

Authors

  • Imsar - Gunawan Universitas Al Azhar Indonesia
  • Alifa Aulia Fauzi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Dyla Aulya Universitas Al Azhar Indonesia
  • Syahrani Istiyana Jaya Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nadya Meirizka Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2336

Abstract

Gojek Indonesia melakukan efisiensi untuk menekan kerugian ditengah pandemi Covid-19. Pada situasi saat ini aktivitas perekonomian mitra Gojek pun terhambat. Untuk meringankan dampak yang diterima mitra Gojek, maka Gojek Indonesia membentuk kampanye iklan #KasihLebihan. Maka untuk ini peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh kampanye iklan #KasihLebihan yang dilakukan Gojek Indonesia terhadap persepsi publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penentuan sampel, peneliti menggunakan non probability sampling yang lebih tepatnya pada teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Taro Yamane, sampel yang didapat berjumlah 99,99 dan dibulatkan menjadi 100. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya hubungan yang kuat antara pengaruh kampanye iklan #KasihLebihan terhadap persepsi publik. Kampanye iklan #KasihLebihan mempengaruhi persepsi publik karena adanya pikiran, ketertarikan, perubahan perilaku, partisipasi, perasaan, perilaku, dan konsekuensi.

Author Biography

Imsar - Gunawan, Universitas Al Azhar Indonesia

Ilmu Komunikasi FISIP UAI

References

Aronson, E., Wilson, T. D., & Akert, R. M. (2013). Social Psychology. New York: PEARSON.

Gojek. (2020). Semakin Aman dan Nyaman Berpergian dengan Inovasi Terbaru J3K. Retrieved from https://www.gojek.com/blog/gojek/aman-naik-gojek/

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behaviour - building marketing strategy. In Mc Graw-Hill /Irwin (ELEVENTH E). New York: Mc Graw-Hill /Irwin.

Kholisoh, N. (2018). Pengaruh Terpaan Informasi Vlog di Media terhadap Sikap Guru dan Dampaknya terhadap Persepsi Siswa. Jurnal ASPIKOM, 3(5), 1002–1014. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i5.380

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing SIXTEENTH EDITION Philip. In Invasive Bladder Cancer (Sixteenth). London: PEARSON.

Lembaga Demografi FEB UI. (2020). Laporan Penelitian Survei Pengalaman Mitra Driver Gojek Selama Pandemi Covid-19. 1–11.

Maryam, S., Rahman, M. A., & Priliantini, A. (2019). Pengaruh Kampanye Imunisasi Measles Rubella melalui Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terhadap Perilaku Masyarakat. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 43–57. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.43-57

Prabowo, S. (2016). PERSEPSI MAHASISWA PUBLIC RELATIONS TERHADAP KOMUNIKASI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL‘TWITTER.’ WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3).

Rizal, J. G. (2020). Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia? Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: Rajawali Pers.

Solomon, M., Bamossy, G., Askegaard, S., & Hogg, M. K. (2006). Consumer Behaviour A European Perspective. In PEARSON Education. https://doi.org/10.1007/978-1-349-25139-1_6

Sugiyono. (2013). No TitleMetode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thorson, E., & Duffy, M. (2012). Advertising at Age: Principles of Advertising and Marketing Communication at Work. In South-Westen Cengage Learning. Mason: Erin Joyner.

Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan ! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=tqqK46eRe5kC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74–97. https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984

Wulandari, S., C, Q. N., & Nugroho, D. R. (2019). PENGARUH KAMPANYE KOMUNIKASI PADA GERAKAN “BOGOH KA BOGOR” TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MASYARAKAT (Studi Kasus KECAMATAN BOGOR TENGAH). Jurnal APIK, 1(2), 1–16.

Published

2021-01-28

Issue

Section

Artikel