PENGARUH KAMPANYE IKLAN #KASIHLEBIHAN GOJEK INDONESIA TERHADAP PERSEPSI PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2336Abstract
Gojek Indonesia melakukan efisiensi untuk menekan kerugian ditengah pandemi Covid-19. Pada situasi saat ini aktivitas perekonomian mitra Gojek pun terhambat. Untuk meringankan dampak yang diterima mitra Gojek, maka Gojek Indonesia membentuk kampanye iklan #KasihLebihan. Maka untuk ini peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh kampanye iklan #KasihLebihan yang dilakukan Gojek Indonesia terhadap persepsi publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penentuan sampel, peneliti menggunakan non probability sampling yang lebih tepatnya pada teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Taro Yamane, sampel yang didapat berjumlah 99,99 dan dibulatkan menjadi 100. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya hubungan yang kuat antara pengaruh kampanye iklan #KasihLebihan terhadap persepsi publik. Kampanye iklan #KasihLebihan mempengaruhi persepsi publik karena adanya pikiran, ketertarikan, perubahan perilaku, partisipasi, perasaan, perilaku, dan konsekuensi.References
Aronson, E., Wilson, T. D., & Akert, R. M. (2013). Social Psychology. New York: PEARSON.
Gojek. (2020). Semakin Aman dan Nyaman Berpergian dengan Inovasi Terbaru J3K. Retrieved from https://www.gojek.com/blog/gojek/aman-naik-gojek/
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behaviour - building marketing strategy. In Mc Graw-Hill /Irwin (ELEVENTH E). New York: Mc Graw-Hill /Irwin.
Kholisoh, N. (2018). Pengaruh Terpaan Informasi Vlog di Media terhadap Sikap Guru dan Dampaknya terhadap Persepsi Siswa. Jurnal ASPIKOM, 3(5), 1002–1014. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i5.380
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing SIXTEENTH EDITION Philip. In Invasive Bladder Cancer (Sixteenth). London: PEARSON.
Lembaga Demografi FEB UI. (2020). Laporan Penelitian Survei Pengalaman Mitra Driver Gojek Selama Pandemi Covid-19. 1–11.
Maryam, S., Rahman, M. A., & Priliantini, A. (2019). Pengaruh Kampanye Imunisasi Measles Rubella melalui Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terhadap Perilaku Masyarakat. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 43–57. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.43-57
Prabowo, S. (2016). PERSEPSI MAHASISWA PUBLIC RELATIONS TERHADAP KOMUNIKASI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL‘TWITTER.’ WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3).
Rizal, J. G. (2020). Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia? Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-
Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: Rajawali Pers.
Solomon, M., Bamossy, G., Askegaard, S., & Hogg, M. K. (2006). Consumer Behaviour A European Perspective. In PEARSON Education. https://doi.org/10.1007/978-1-349-25139-1_6
Sugiyono. (2013). No TitleMetode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thorson, E., & Duffy, M. (2012). Advertising at Age: Principles of Advertising and Marketing Communication at Work. In South-Westen Cengage Learning. Mason: Erin Joyner.
Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan ! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=tqqK46eRe5kC&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74–97. https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984
Wulandari, S., C, Q. N., & Nugroho, D. R. (2019). PENGARUH KAMPANYE KOMUNIKASI PADA GERAKAN “BOGOH KA BOGOR” TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MASYARAKAT (Studi Kasus KECAMATAN BOGOR TENGAH). Jurnal APIK, 1(2), 1–16.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).