PENGARUH PROGRAM BELAJAR RADIO “FREE RADIO CLASS” TERHADAP PERSEPSI KHALAYAK DAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN UMUM (Survei Pada Peserta Di Komunitas Belajar Radio)

Authors

  • Mega Mercia Laraswati Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Siti Maryam Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Priyono Sadjijo Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v3i1.1527

Keywords:

Program “Free Radio Class”, Persepsi Khalayak, Kemampuan Berbicara di Depan Umum.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program Belajar Radio “Free Radio Class” terhadap persepsi khalayak dan kemampuan berbicara di depan umum. Teori yang yang relevan dalam penelitian ini adalah teori Self-Efficacy Bandura. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah peserta yang mengikuti program Belajar Radio “Free Radio Class” dengan jumlah sampel 90 responden. Teknik analisis pengaruh variabel X terhadap variabel Y menggunakan uji koefisien determinasi. Teknik pengujian data diproses menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi dan variabel pengaruh program “Free Radio Class” dengan variabel persepsi khalayak adalah sangat kuat dan pengaruh program “Free Radio Class” dengan variabel kemampuan berbicara adalah kuat. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil adanya pengaruh variabel pengaruh program “Free Radio Class” terhadap variabel persepsi dan pengaruh program“Free Radio Class” terhadap kemampuan berbicara di depan umum diatas 50% artinya keduanya signifikan. Dengan demikian perhitungan pengaruh program “Free Radio Class” dengan persepsi khalayak dan perhitungan pengaruh program “Free Radio Class” dengan kemampuan berbicara di depan umum maka dapat disimpulkan Ho1 ditolak dan Ha1 diterima dan Ho2 ditolak dan Ha2 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara program Belajar Radio “Free Radio Class” terhadap persepsi khalayak dan kemampuan berbicara di depan umum.

References

Bandura, A. 1986, Social foundation of Thought and Action: A Social Cognitive Teory. Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Bandura, A. 1997, Self-Efficacy.The Exercise of Control. US, New York.

Jalaludin, Rakhmat. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda

Jalaludin, Rakhmat, Psikologi Komunikasi. Cetakan Kedua Puluh Enam, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Kriyantono, Rachmat. (2012). “Teknik Praktis Riset Komunikasi Cetakan ke-6”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nelson, R. dan Jones.2012, Pengantar Keterampilan Konseling. Introduction to Counseling Skills, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono.2012, Metode Penelitian Pendidikan.Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D, ALFABETA, Bandung.

Sujianto, AE. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS.Jakarta : Prestasi Pustaka.

Tarigan HG.1983 .Berbicara.Bandung :Angkasa

Rismayanti & Rolina. 2004. “Pencarian Jati diri Melalui Proses Belajar dan Pengalaman”.

SPS-UGM (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta.

Hall, dkk. 2002. “Teori-teori Sifat dan Behavioristik” dalam “Psikologi Kepribadian 3 (Editor Dr. A. Supratiknya)”. Cetakan ke-10 (Terjemahan).Kanisius.Yogyakarta.

Published

2020-01-31

Issue

Section

Artikel