KONFERENSI PERS DI MASA PANDEMI COVID-19 : STRATEGI HUMAS LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN (LPSK) DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KE KHALAYAK

Authors

  • Maya May Syarah Bina Sarana Informatika
  • Azida Shifa Alaina Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i2.3360

Abstract

Humas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)  perlu membina hubungan yang akrab dan baik dengan media massa atau biasa disebut media relations agar segala sesuatu yang menyangkut informasi kepada publik eksternal berjalan lancer. Meski pandemi Covid – 19 berlangsung namun kegiatan media relations harus tetap dilaksanakan salah satunya adalah konferensi pers. Demi keamanan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk meminimalkan kerumunan orang bamyak atau pun jaga jarak, maka Humas LPSK memiliki strategi media relations khusunya konferensi pers dengan dilakukan secara dalam jaringan (Daring) atau virtual atau online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas lembaga perlindungan saksi dan korban (LPSK) dalam melakukan konferensi pers ditengah pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatid deskriptif serta teknik pengumpulan data obeservasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas sesuai dengan tahapan yang dilakukan berjalan secara terarah step by step.  Selian itu konferensi pers yang diselenggarakan humas berjalan baik, meski masih ada kekurangan berupa kendala teknis seperti sinyal mapun kuota.

 

Keywords : Media Relations, Konferensi Press, Strategi Humas, Covid - 19

References

Books

Abdullah, Aceng. 2004. Press Relations Kiat Hubungan Dengan Media Massa. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakary

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung : Widya Padjajaran.

_______________. 2013. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasara Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations, Konsep,Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: C.V Andi Offset

Iriantara, Yosal. 2010. Media relations: konsep, pendekatan, dan praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama

Mukarom, Zaenal & Laksana. 2016. Manajemen Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations&Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wardhani, Diah. 2008. Media Relations: Sarana Membangun reputasi Organisasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Jurnal:

Afifah, Ayu dan Syarah, MM,. 2020. Strategi Humas Badan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Dki Jakarta Dalam Upaya Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah. Global Komunika: Jurnal Ilmu sosial dan Ilmu Politik Vol 3, No 1 2020

Eriansyah. 2015. Praktik Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jumal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 9, Nomor 2, April 2015

Yuhanda, Genik Puji. 2019. Aktivitas Media Relations Di Politeknik LP3I Bandung. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal Vol. 5, No. 1, September 2019

Yuriawan, Kapat. 2020. Penguatan Fungsi Dan Peran Kehumasan Serta Strategi Dalam Meningkatkan Citra Positif Di Pusat Konservasi Tumbuhan Dan Kebun Raya-LIPI. Warta Kebun Raya 18 (1), Mei 2020

Situs:

https://www.humasindonesia.id/ppid/berita/pentingnya-konferensi-pers-daring-di-tengah-pandemi-277

https://www.perhumas.or.id/media-relations-di-era-coronavirus/

https://www.beritasatu.com/digital/596596/wfh-wartawan-perlukan-konferensi-pers-daring

Downloads

Published

2021-09-06