ANALISIS SPECIAL EVENT SEBAGAI STRATEGI MAJALAH FORBES INDONESIA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PUBLIKNYA DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rio Rizfandy Zikrizal
  • Aska Leonardi Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i2.3263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Forbes Indonesia dalam menjalin hubungan baik dengan publiknya di era pandemi melalui pelaksanaan special event. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan teknik sampling Purposive Sampling dengan satu orang sebagai key informan dan satu orang sebagai supporting key informan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan Forbes Indonesia dalam menjalin hubungan baik dengan publiknya melalui special event berjalan dengan lancar. Keberhasilan special event bertajuk Inspiring Women 2020 Women in Tech: SMEs and The New Normal adalah dilihat dari penyusunan jadwal yang matang, peserta yang mencapai 300 orang sehingga melebihi ekspektasi, serta tercapainya tujuan penyelenggaraan, yaitu selain sebagai sarana menjalin hubungan baik dengan publiknya, Special Event: Inspiring Women 2020 juga memotivasi perempuan Indonesia dan UMKM Indonesia untuk bangkit dan cepat beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Kata Kunci: Strategi Humas, Acara Spesial, Hubungan Baik Dengan Publik.

Author Biography

Aska Leonardi, Universitas Sahid Jakarta

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi), Bandung: Pustaka Setia.

Cutlip, et.al. 2011. Effective Public Relations, Jakarta: Kencana.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noor, Aly. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Porta, Miquel. 2008. Dictionary of Epidemiology. New York: Oxford University Press.

Ruslan, Rosady. 2001. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2012. Studi dan Penerapan Public Relations. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tangkilisan. 2015. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia.

Published

2021-11-25