STRATEGI PUBLIC RELATIONS ASTRIDO DAIHATSU DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MOBIL DAIHATSU SIGRA SEBAGAI MOBIL LOW COST GREEN CAR (Studi Kasus Pada PT. Astrido Jaya Mobilindo Cabang Jakarta Barat)
DOI:
https://doi.org/10.33822/gk.v2i1.1429Abstract
Penelitian ini membahas permasalahan bagaimana strategi Public Relations (PR) PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat dalam mempertahankan citranya sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tujuan penelitian ada dua yaitu menjelaskan peran PR di dalam manajemen PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat dan menganalisa strategi PR PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat untuk mempertahankan citra Daihatsu Sigra sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Permasalahan tersebut dianalisa dengan menggunakan teori excellence dengan model two way asymmetric oleh James.E Grunig & Todd Hunt, dan diperkuat oleh teori citra Frank Jefkins. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan tipe kasus tunggal holistik dengan pendekatan kualitatif intrinsik, dengan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PR PT. Astrido Daihatsu Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat menjalankan enam strategi PR yaitu publikasi menggunakan twiter Astrido Daihatsu, acara otobursa expo, memberitahukan atau meraih citra membuka khusus website Astrido Daihatsu, tanggung jawab sosial melakukan kegiatan donor darah, kepedulian kepada komunitas berupa penghargaan proper hijau, menciptakan berita mengunakan majalah otomotif dengan tema dambaan keluarga muda Indonesia. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi acara sebagai media paling efektif untuk mengkomunikasikan dan mempertahankan citra produk mobil Daihatsu Sigra kepada masyarakat. Strategi yang dilancarkan juga memperbaiki konsistensi citra mobil Daihatsu Sigra sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).