EFEK BIBLIOTERAPI ISLAMI TERHADAP TINGKAT ANSIETAS PADA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA PERAWATAN
DOI:
https://doi.org/10.52020/jkwgi.v7i3.5985Abstract
Kondisi sakit yang dialami oleh anak usia sekolah dapat menyebabkannya harus dilakukan perawatan di rumah sakit. Keadaan tersebut bisa menyebabkan anak usia sekolah mengalami krisis atau yang disebut sebagai hospitalisasi. Hospitalisasi bisa mengakibatkan anak mengalami kecemasan sebagai penilaian suatu hal yang membahayakan, terkait dengan rasa ketidakpastian, tidak mampu, kekhawatiran dan ketakutan yang tidak jelas penyebabnya. Salah satu intervensi yang bisa diberikan untuk menangani permasalahan kecemasan adalah pemberian biblioterapi. Tujuan penelitian untuk menganalisis efek biblioterapi islami terhadap tingkat ansietas pada anak usia sekolah selama dilakukan perawatan di rumah sakit. Metode penelitian dengan quashi eksperimen menggunakan desain one group pre-test dan post-test. Responden penelitian adalah anak usia sekolah yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Responden dilakukan pengukuran tingkat kecemasan dengan Skala Kecemasan HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) sebelum dan sesudah diberikan intervensi biblioterapi islami. Data penelitian dilakukan analisis normalitas data dan dilakukan uji beda untuk megetahui perbedaan tingkat ansietas responden penelitian sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menjelaskan tingkat ansietas pada responden penelitian sebelum diberikan perlakuan mengalami ansietas ringan 7 (23,3%), ansietas sedang 10 (33,3%), ansietas berat 5 (16,7%) dan ansietas sangat berat 2 (6,7%). Setelah diberikan perlakuan tingkat ansietas responden mengalami penurunan responden yang mengalami ketidakcemasan 18 (60%), ansietas ringan 7 (23,3%), ansietas sedang 4 (13,4%), ansietas berat 1 (3,3%). Kesimpulan pemberian biblioterapi islami berpengaruh terhadap tingkat ansietas anak usia sekolah yang dirawat di rumah sakit. Penelitian selanjutnya bisa melakukan penelitian quashi eksperimen dengan desain two group with control group pretest-posttest.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.