PENGARUH PAKET EDUKASI SEHABID TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA HIPERTENSI DAN DIABETES MELITUS

Authors

  • Fiora Ladesvita Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta
  • Sang Ayu Made Adyani UPN Veteran Jakarta
  • Mareta Dea Rosaline UPN Veteran Jakarta
  • Dini Sholihatunnisa UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v6i1.4051

Keywords:

COVID-19, Edukasi kesehatan, Komorbid, Kualitas hidup.

Abstract

Individu dengan penyakit komorbid akan mengalami kecemasan dan ketakutan terhadap paparan COVID-19. Kecemasan dan ketakutan yang dialami oleh penderita dengan komorbid akan mempengaruhi kualitas hidupnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien yaitu dengan pemberian edukasi kesehatan. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh paket edukasi Sehat dengan Komorbid (SEHABID) terhadap kualitas hidup penderita hipertensi dan diabetes melitus pada masa pandemi COVID-19. Metode: penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperimen melalui pendekatan pre-post test non control group dengan total sampel 159 responden melalui purposive samplingInstrumen yang digunakan yaitu kuesioner karakteristik responden dan kuesioner WHO Quality of Life-BREF. Hasil: sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki 118 orang (74,2%) dengan pendidikan terakhir SMA 89 orang (56%), 61 orang (38,4%) berprofesi sebagai PNS/POLRI, 70 orang (44%) pernah terinfeksi COVID 19, 33 orang (20,8%) isolasi mandiri di rumah, dan 10 orang (6,3%) di rawat lebih dari 1 minggu di Rumah Sakit. Rerata usia 45,62 tahun (SD = 9,357) dan Rerata kualitas hidup sebelum diberikan intervensi 71,89 (SD=17,429), dan setelah diberikan intervensi 92,54 (SD=17,014). Ada perbedaan kualitas hidup yang signifikan sebelum dan setelah diberikan paket edukasi SEHABID (p value = 0,000; α 0,05). Kesimpulan: Terjadi peningkatan rerata skor kualitas hidup pasien sebesar 20,65 setelah diberikan edukasi kesehatan SEHABID. Terbukti bahwa paket edukasi SEHABID efektif dalam meningkatkan kualitas hidup pasien dengan komorbid. 

References

Adamo, M., Lombardi, C. M., & Metra, M. (2020). June 2020 at a glance: focus on COVID-19, quality of life and comorbidities. European Journal of Heart Failure, 22(6), 917–918. https://doi.org/10.1002/ejhf.1515

Arab-zozani, M., Hashemi, F., Safari, H., Yousefi, M., & Ameri, H. (2020). Osong Public Health and Research Perspectives Health-Related Quality of Life and its Associated Factors in. 11(5), 296–302.

Bhatt, A. S., Ambrosy, A. P., Dunning, A., DeVore, A. D., Butler, J., Reed, S., Voors, A., Starling, R., Armstrong, P. W., Ezekowitz, J. A., Metra, M., Hernandez, A. F., O’Connor, C. M., & Mentz, R. J. (2020). The burden of non-cardiac comorbidities and association with clinical outcomes in an acute heart failure trial – insights from ASCEND-HF. European Journal of Heart Failure, 22(6), 1022–1031. https://doi.org/10.1002/ejhf.1795

Biswas, M., Rahaman, S., Biswas, T. K., Haque, Z., & Ibrahim, B. (2021). Association of Sex, Age, and Comorbidities with Mortality in COVID-19 Patients: A Systematic Review and Meta-Analysis. Intervirology, 64(1), 36–47. https://doi.org/10.1159/000512592

Channappanavar, R., Fett, C., Mack, M., Ten Eyck, P. P., Meyerholz, D. K., & Perlman, S. (2017). Sex-Based Differences in Susceptibility to Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus Infection. The Journal of Immunology, 198(10), 4046–4053. https://doi.org/10.4049/jimmunol.1601896

Chen, T., Wu, D., Chen, H., Yan, W., Yang, D., Chen, G., Ma, K., Xu, D., Yu, H., Wang, H., Wang, T., Guo, W., Chen, J., Ding, C., Zhang, X., Huang, J., Han, M., Li, S., Luo, X., … Ning, Q. (2020). Clinical characteristics of 113 deceased patients with coronavirus disease 2019: Retrospective study. The BMJ, 368. https://doi.org/10.1136/bmj.m1091

Gallivan, J., Greenberg, R., & Brown, C. (2008). The national diabetes education program evaluation framework: How to design an evaluation of a multifaceted public health education program. Preventing Chronic Disease, 5(4).

Gvozdanović, Z., Farčić, N., Šimić, H., Buljanović, V., Gvozdanović, L., Katalinić, S., Pačarić, S., Gvozdanović, D., Dujmić, Ž., Miškić, B., Barać, I., & Prlić, N. (2021). The impact of education, covid-19 and risk factors on the quality of life in patients with type 2 diabetes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(5), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph18052332

Karyono, D. R., & Wicaksana, A. L. (2020). Current prevalence, characteristics, and comorbidities of patients with COVID-19 in Indonesia. Journal of Community Empowerment for Health, 3(2), 77. https://doi.org/10.22146/jcoemph.57325

Paudel, S. S. (2020). A meta-analysis of 2019 novel corona virus patient clinical characteristics and comorbidities. 1–11. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-21831/v1

Raesi, R., Shaye, Z. A., Saghari, S., Ali, M., Beig, S., & Raei, M. (2021). The impact of education through nurse-led telephone follow-up ( telenursing ) on the quality of life of COVID-19 patients.

Sanyaolu, A., Okorie, C., Marinkovic, A., Patidar, R., Younis, K., Desai, P., Hosein, Z., Padda, I., Mangat, J., & Altaf, M. (2020). Comorbidity and its Impact on Patients with COVID-19. SN Comprehensive Clinical Medicine, 2(8), 1069–1076. https://doi.org/10.1007/s42399-020-00363-4

Schiffrin, E. L., Flack, J. M., Ito, S., Muntner, P., & Webb, R. C. (2020). Hypertension and COVID-19. American Journal of Hypertension, 33(5), 373–374. https://doi.org/10.1093/ajh/hpaa057

Published

2022-03-16