PENGAWASAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN BADAN PENGELOLA INVESTASI DANANTARA DALAM PENGELOLAAN RISIKO KERUGIAN INVESTASI KEUANGAN NEGARA
DOI:
https://doi.org/10.35586/jhs.v4i2.10832Kata Kunci:
BPI Danantara, Transparansi, Pengawasan, Investasi, PertanggungjawabanAbstrak
Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (BPI Danantara) dibentuk untuk mengelola investasi dan kekayaan negara berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2025 tentang Organisasi dan Tata Kelola Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara, bertujuan untuk memaksimalkan investasi pemerintah dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Penelitian ini menyoroti pentingnya transparansi, pengawasan, dan akuntabilitas dalam pengelolaan risiko kerugian investasi keuangan negara. BPI Danantara diwajibkan untuk menyusun laporan kinerja tahunan yang diaudit oleh auditor independen dan melaporkan secara berkala kepada Dewan Pengawas, termasuk lembaga-lembaga, seperti KPK, BPK, dan OJK. Meskipun terdapat regulasi yang mengatur, masih ada kekhawatiran mengenai efektivitas pengawasan dan potensi konflik kepentingan di dalam Dewan Pengawas. Tanggung jawab atas kerugian investasi sepenuhnya menjadi beban BPI Danantara, bukan negara, hal ini yang menimbulkan celah tentang akuntabilitas moral pengelola investasi. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis Mekanisme Transparansi Pengawasan dalam Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara terhadap Penyelenggaraan Investasi Keuangan Negara dan Pertanggungjawaban Hukum Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara terhadap Risiko Kerugian Investasi Keuangan Negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-normatif untuk menganalisis regulasi yang relevan dan menekankan pentingnya mekanisme transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara. Diharapkan BPI Danantara dapat menjadi model pengelolaan keuangan yang lebih baik dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional sesuai dengan ketentuan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2025 tentang Organisasi dan Tata Kelola Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara.
Referensi
Al Hikam, H. A (2025). Jika Danantara Boncos Tak Dihitung Sebagai Kerugian Negara. Diakses pada tanggal 13 Maret 2025. Finance.detik.com.https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7791700/jika-danantara-boncos-tak-dihitung-sebagai-kerugian-negara.
Gunawan, R. M. B. (2021). GRC (Good Governance, Risk Management, And Compliance)-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Hakim, L. (2025). Ekonom Sebut Danantara Perkuat Transparansi Pengelolaan Aset Negara. Diakses pada tanggal 13 Maret 2025. Antaranews.com.https://m.antaranews.com/berita/4668285/ekonom-sebut-danantara-perkuat-transparansi-pengelolaan-aset-negara.
Hidayat, A. N. (2025). PP 10 Tahun 2025 Belum Memperkuat Instrumen Pengawasan BPI Danantara: Perlu Upaya Menjaga Transparansi dan Akuntabilitas Lebih Baik Lagi. Diakses pada tanggal 13 Maret 2025. Strateginews.id.https://strateginews.id/2025/03/04/pp-10-tahun-2025-belum-memperkuat-instrumen-pengawasan-bpi-danantara-perlu-upaya-menjaga-transparansi-dan-akuntabilitas-lebih-baik-lagi/.
Hidranto, F. (2025). Menuju Indonesia Emas 2045 dengan BPI Danantara. Indonesia.go.id. Diakses pada tanggal 20 Maret 2025. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8751/menuju-indonesia-emas-2045-dengan-bpi-danantara?lang=1.
Imtinan, G., & Hasibuan, D. H. (2021). Pengaruh Temuan Audit Dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Kementerian. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(2), 215-224.
Koran BUMN. (2025). Perbedaan Lembaga Investasi Danantara dan INA. Koranbumn.com. Diakses pada tanggal 19 Maret 2025. https://koranbumn.com/perbedaan-lembaga-investasi-danantara-dan-ina/.
Kusuma, D. C. (2022). Analisis Lembaga Pengelola Investasi Sebagai Sovereign Wealth Fund Pasca Disahkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.
Muhaimin. (2020). Metode Penelitian Hukum. Mataram: Mataram University Pres.
Mulyadi, L. (2019). Teori Hukum Pembangunan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, SH, LL. M: Sebuah Kajian Deskriftif Analitis. Jurnal Mahkamah Agung RI, 1-6.
Munawaroh, N. (2025). Hal Ihwal Danantara dan Pengawasannya. Hukumonline. com. Diakses pada tanggal 14 Maret 2025. https://www.hukumonline.com/klinik/a/hal-ihwal-danantara-dan-pengawasannya-lt67bfef5b3c4ac/.
Nugroho, S. S., Haryani, A. T., dan Farkhani (2020). Metodologi Riset Hukum. Surakarta: Oase Pustaka.
Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2025 tentang Organisasi dan Tata Kelola Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara. Lembar Negara 2025 (26), Tambahan Lembar Negara (7098), jdih.setneg.go.id.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi. Lembar Negara 2020/No.286, Tambahan Lembar Negara No.6595, jdih.setneg.go.id.
Puspita, M. D. (2025). Beda Danantara Prabowo vs Indonesia Investment Authority Bentukan Jokowi. Tempo.co. Diakses pada tanggal 19 Maret 2025. https://www.tempo.co/ekonomi/beda-danantara-prabowo-vs-indonesia-investment-authority-bentukan-jokowi--1210466.
Putra, M. A., Lie, G., & Syailendra, M. R. (2023). LEGALISASI KEBIJAKAN SOVEREIGN WEALTH FUND MELALUI LEMBAGA PENGELOLA INVESTASI DITINJAU DARI HUKUM POSITIF INDONESIA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1396-1404.
Ramadhan, Parso, Iskandar, Dahliana, dan Nonni. (2024). Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Keuangan Publik. Medan: PT Media Penerbit Indonesia.
Romaliani, K. (2020). Check and balance dalam sistem pemerintahan Indonesia (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Saputra, D. (2025). Beda Tugas dan Fungsi Danantara Vs INA, Akankah Tumpang Tindih? Kabar24.bisnis.com. Diakses pada tanggal 19 Maret 2025. https://kabar24.bisnis.com/read/20250226/15/1842663/beda-tugas-dan-fungsi-danantara-vs-ina-akankah-tumpah-tindih.
Siagian, N. M. (2025). Mencegah Ke(tidak)bijakan Pengawasan Danantara. Hukumonline.com. Diakses pada tanggal 14 Maret 2025. https://www.hukumonline.com/berita/a/mencegah-ketidakbijakan-pengawasan-danantara-lt67c0a61f7ca8b/.
Strategi News. (2025). PP 10 Tahun 2025 Belum Memperkuat Instrumen Pengawasan BPI Danantara: Perlu Upaya Menjaga Transparansi dan Akuntabilitas Lebih Baik Lagi. Strateginews.id. Diakses pada tanggal 19 Maret 2025. https://strateginews.id/2025/03/04/pp-10-tahun-2025-belum-memperkuat-instrumen-pengawasan-bpi-danantara-perlu-upaya-menjaga-transparansi-dan-akuntabilitas-lebih-baik-lagi/.
Suryo, D. (2025). Danantara Dapat Diawasi KPK dan Diaudit BPK, Rosan: Tidak Ada yang Kebal Hukum. Kompas.tv. Diakses pada tanggal 15 Maret 2025. https://www.kompas.tv/nasional/576132/danantara-dapat-diawasi-kpk-dan-diaudit-bpk-rosan-tidak-ada-yang-kebal-hukum.
Susilo, N. (2025). Presiden Prabowo Janjikan Transparansi Pengelolaan BPI Danantara. Diakses pada tanggal 13 Maret 2025. Kompas.id.https://www.kompas.id/artikel/prabowo-janjikan-bpi-danantara-dikelola-transparan.
Sutedi, A. (2014). Aspek Hukum Otoritas Jasa Keuangan. RAS.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2025 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara. Lembar Negara 2025 (25), Tambahan Lembar Negara (7097), jdih.setneg.go.id.
Usle, U. (2025). Ambisi dan Risiko Danantara. Diakses pada tanggal 13 Maret 2025. Kabarbursa.com.https://kabarbursa.com/editorial/122761/ambisi-dan-risiko-danantara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.





