PENERAPAN APLIKASI ConKer BERBASIS AI PADA SMK REFORMASI
Abstract
Penerapan kecerdasan buatan (AI) di sektor pendidikan memiliki potensi untuk merevolusi metode pengajaran dan pembelajaran, meningkatkan efisiensi administratif, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan personal. AI dapat menyediakan pembelajaran yang dipersonalisasi melalui tutor virtual dan sistem pembelajaran adaptif yang menyesuaikan konten berdasarkan kebutuhan individu siswa. Otomatisasi tugas administratif, seperti penilaian dan manajemen data siswa, memungkinkan guru untuk fokus lebih pada interaksi langsung dengan siswa dan pengembangan kurikulum. Untuk dapat menggunakan teknologi AI, dibutuhkan pelatihan-pelatihan diantaranya melalui pengabdian masyarakat dengan memperkenalkan salah satu aplikasi AI yang membantu tugas administrasi guru dalam hal memberikan tugas harian dan ulangan harian melalui penggunaan Aplikasi Conker berbasis AI. Dalam melakukan pelatihan terhadap Guru-guru di SMK Reformasi, mereka langsung mempraktekkan penggunaan Aplikasi ConKer AI. Berdasarkan hasil post test dan pre-test yang diisi oleh 22 guru SMK Reformasi menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang penggunaan Aplikasi AI yang sangat membantu dalam tugas pembelajaran di kelas. Kesimpulan dari pengabdian Masyarakat ini, didapatkan bahwa pemanfaat teknologi AI sangat membantu di sektor Pendidikan dan para pendidik merasa perlu mengenal dan mendalami lewat praktek-praktek nyata di lapangan sehingga menambah kompetensi guru dalam mengahadi era digitalisasi di tahun 2030
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Wulandari Sari, Kurnia Gusti Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CC BY: This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use.