STRATEGI PENINGKATAN AKSES MUSEUM DI INDONESIA: STUDI KASUS PROTOTYPE Museum.id
DOI:
https://doi.org/10.53834/mdn.v10i1.7965Abstract
Museum berperan penting dalam melestarikan warisan budaya dan sejarah bangsa. Namun, di Indonesia, minat masyarakat untuk mengunjungi museum masih rendah akibat aksesibilitas yang buruk dan daya tarik yang minim. Kegiatan ini mengkaji strategi peningkatan aksesibilitas dan daya tarik museum melalui platform digital dengan studi kasus Prototype Museum.id. Platform ini dirancang untuk memberikan akses mudah dan menarik ke berbagai koleksi museum di Indonesia melalui media digital, dengan menggunakan teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Metode penelitian melibatkan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap perancangan, menggunakan Figma untuk pembuatan mockup dan prototipe. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Prototype Museum.id berhasil dibuat dan diharapkan data meningkatkan akses terhadap Museum. Kesimpulan dari kegiatan ini, bahwa penggunaan teknologi digital dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah aksesibilitas dan daya tarik museum di Indonesia, serta diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Fajar Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CC BY: This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use.