PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA BUATAN PADA KAWASAN DANAU WANA TIRTA KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Olivia Febrianty Ngabito Institut Teknologi Kalimantan
  • Sasferi Yendra Institut Teknologi Kalimantan
  • Fulkha Tajri M Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.53834/mdn.v9i1.5180

Abstract

Danau Wana Tirta yang terletak di Jalan Giri Mulyo, Km. 14 RT 25 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, memiliki permasalahan berupa memperindah kawasan sekitar danau, belum terkelolanya Danau Wana Tirta dengan baik dan dinilai masih belum layak dijadikan sebagai tempat destinasi wisata, karena belum terdapat sarana dan prasarana yang memadai pada lokasi Danau Wana Tirta. Adapun solusi yang dapat diberikan untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang terdapat pada lokasi Danau Wana Tirta, yaitu dengan melakukan branding kawasan Danau Wana Tirta, membuat taman bunga sebagai salah satu destinasi wisata pada Danau Wana Tirta. Adapun target pada pengembangan destinasi wisata buatan Danau Wana Tirta yaitu pengembangan pada Danau Wana Tirta diharapkan dengan pembuatan taman sebagai salah satu daya tarik. Dengan adanya pengembangan pada Danau Wana Tirta diharapkan pembuatan taman bunga dapat di direalisasikan dengan tepat waktu pada Danau Wana Tirta. Dengan adanya pengembangan pada Danau Wana Tirta diharapkan mampu membuat destinasi wisata buatan seperti taman bunga yang dapat dijadikan sebagai objek utama wisata pada Danau Wana Tirta.

Kata kunci: Danau Wana Tirta, Destinasi Wisata Buatan, Taman Bunga

Author Biographies

Olivia Febrianty Ngabito, Institut Teknologi Kalimantan

Desain Komunikasi Visual, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Kalimantan

Sasferi Yendra, Institut Teknologi Kalimantan

Desain Komunikasi Visual

References

Dwipraptono Agus. (2018). KKN-PPM Pengembangan Desa Wisata Somongari di Kabupaten Purworejo JawaTengah. Universitas Islam ,Yogyakarta, Indonesia.

Garda, F., Lilik. C . (2021). Strategi Pemasaran Dan Promosi Secara Online Melalui Instagram Di Cimory On The Valley. 9(02)

Triana, W., Yuliana. (2021) .Strategi Pengembangan Atraksi Wisata Buatan di Pantai Kata Kota Pariaman. Jurnal pendidikan dan Keluarga . 13(01)

Downloads

Published

2023-06-17