PENYUSUNAN RENCANA BISNIS SEBAGAI LANGKAH PENGEMBANGAN USAHA COFFEE SHOP
DOI:
https://doi.org/10.53834/mdn.v8i2.4883Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis coffee shop merupakan bisnis yang sedang tren dan kekinian di Indonesia. Hal ini menyebabkan situasi dan kondisi persaingan yang ketat bagi para pemilik usaha coffee shop. Pemilik usaha harus mampu mengikuti perkembangan pasar dengan memperhatikan peluang dan tantangan yang ada. Penyusunan rencana bisnis diperlukan agar dapat membantu pelaku usaha coffee shop untuk mengembangkan bisnisnya. Rencana bisnis merupakan salah satu langkah penting dalam berwirausaha dan menjadi semakin relevan jika dikaitkan dengan orientasi waktu pencapaian keberhasilan. Hal ini dikarenakan fungsi dari rencana bisnis yang dapat menuntun pemilik usaha mempertajam arah dan tujuan perusahaan serta upaya pencapaiannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan informatif sehingga mudah dimengerti dan dipercaya oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Kegiatan dilakukan dengan melakukan wawancara dan berdiskusi langsung dengan pemilik usaha dalam penyusunan rencana bisnis. Hasil dari kegiatan ini diharapkan tersusunnya rencana bisnis sebagai pedoman untuk menuju keberhasilan usaha dan juga sebagai alat untuk mengajukan permodalan dari investor.
References
Advisor, I. F. (2020, Februari 21). Manfaat dan Tujuan Business Plan. Retrieved from investaadivisor:https://investaadvisor.com/manfaat-dan-tujuan-business-plan
Ananda, F. R. (2021, April 27). Ini Alasan Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Peluang Usaha Menjanjikan. Retrieved from economy.okezone.com: https://economy.okezone.com/read/2021/04/26/455/2400875/ini-alasan-bisnis-kuliner-jadi-pilihan-peluang-usaha-menjanjikan
Budiman, D. R. (2021, Januari 18). Pentingnya Analisis Industri Bagi Perusahaan. From tradinginvenus.com: https://tradinginvenus.com/view/artikel/pentingnya-analisis-industri-bagi-perusahaan_100#:~:text=Analisis%20industri%20merupakan%20penilaian%20pasar,dinamika%20persaingan%20pada%20suatu%20industri.
Dahwilani, D. M. (2019, Desember 17). Data dan Fakta Tren Menjamurnya Kedai Kopi Kekinian di Indonesia. Retrieved from inews: https://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai-kopi-kekinian-di-indonesia
Dirgantara, G. (2021, Oktober 9). Usaha makanan dan minuman penyelamat ekonomi Jakarta. Retrieved from antaranews: https://www.antaranews.com/berita/2447469/usaha-makanan-dan-minuman-penyelamat-ekonomi-jakarta
Fatmarani, S. (2022, Juni 8). Aroma Segar Bisnis Kopi Indonesia Dari Hulu ke Hilir. Retrieved from ukmindonesia.id: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/aroma-segar-bisnis-kopi-indonesia-dari-hulu-ke-hilir
Gobiz. (2021, September 5). 7 Komponen Perencanaan Usaha yang Penting Diketahui Pebisnis Pemula. From gobiz.co.id: https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/komponen-perencanaan-usaha/#:~:text=Deskripsi%20usaha%20adalah%20salah%20satu,mitra%2C%20atau%20pihak%20pendukung%20lainnya.
Hechavarría, D. M. (2017). Taking care of business: the impact of culture and gender on entrepreneurs’ blended value creation goals. Small Business Economics, 48(1), 225-257.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). New York: Mc-Graw Hill.
Parahiyanti, C. R., Dewi, Y. R., Prasasti, A., & Prihatining, I. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran dengan Kemasan Kekinian pada Proposal Rencana Bisnis UMKM Desa Kebontunggul Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.
Soelaiman, L. (2021). Pendampingan Rencana Bisnis guna Pengembangan Usaha Kuliner Jajanan Tradisional Khas Jambi. Jurnal Bakti Masyarakat, 4(3).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suharto, A. (2022, Januari 31). Menguatnya Ekonomi Rakyat, Maraknya Bisnis Kedai Kopi di Indonesia. Retrieved from triphacks.id: https://triphacks.id/menguatnya-ekonomi-rakyat-maraknya-bisnis-kedai-kopi-di-indonesia/
Trisninawati, & Septayuda, I. (2014, November 19). Peran rencana bisnis sebagai alat untuk meningkatkan keberhasilan usaha (Studi kasus UMKM di bawah binaan bina darma entrepreneurship center (BDEC). Seminar Nasional dan Call for Papers "Suistanable Competitive Advantage-4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
CC BY: This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use.