PENYUSUNAN RENCANA BISNIS SEBAGAI LANGKAH PENGEMBANGAN USAHA COFFEE SHOP

Authors

  • Lydiawati Soelaiman Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara
  • Cynthia Liusca

DOI:

https://doi.org/10.53834/mdn.v8i2.4883

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis coffee shop merupakan bisnis yang sedang tren dan kekinian di Indonesia. Hal ini menyebabkan situasi dan kondisi persaingan yang ketat bagi para pemilik usaha coffee shop. Pemilik usaha harus mampu mengikuti perkembangan pasar dengan memperhatikan peluang dan tantangan yang ada. Penyusunan rencana bisnis diperlukan agar dapat membantu pelaku usaha coffee shop untuk mengembangkan bisnisnya. Rencana bisnis merupakan salah satu langkah penting dalam berwirausaha dan menjadi semakin relevan jika dikaitkan dengan orientasi waktu pencapaian keberhasilan. Hal ini dikarenakan fungsi dari rencana bisnis yang dapat menuntun pemilik usaha mempertajam arah dan tujuan perusahaan serta upaya pencapaiannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan informatif sehingga mudah dimengerti dan dipercaya oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Kegiatan dilakukan dengan melakukan wawancara dan berdiskusi langsung dengan pemilik usaha dalam penyusunan rencana bisnis. Hasil dari kegiatan ini diharapkan tersusunnya rencana bisnis sebagai pedoman untuk menuju keberhasilan usaha dan juga sebagai alat untuk mengajukan permodalan dari investor.

References

Advisor, I. F. (2020, Februari 21). Manfaat dan Tujuan Business Plan. Retrieved from investaadivisor:https://investaadvisor.com/manfaat-dan-tujuan-business-plan

Ananda, F. R. (2021, April 27). Ini Alasan Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Peluang Usaha Menjanjikan. Retrieved from economy.okezone.com: https://economy.okezone.com/read/2021/04/26/455/2400875/ini-alasan-bisnis-kuliner-jadi-pilihan-peluang-usaha-menjanjikan

Budiman, D. R. (2021, Januari 18). Pentingnya Analisis Industri Bagi Perusahaan. From tradinginvenus.com: https://tradinginvenus.com/view/artikel/pentingnya-analisis-industri-bagi-perusahaan_100#:~:text=Analisis%20industri%20merupakan%20penilaian%20pasar,dinamika%20persaingan%20pada%20suatu%20industri.

Dahwilani, D. M. (2019, Desember 17). Data dan Fakta Tren Menjamurnya Kedai Kopi Kekinian di Indonesia. Retrieved from inews: https://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai-kopi-kekinian-di-indonesia

Dirgantara, G. (2021, Oktober 9). Usaha makanan dan minuman penyelamat ekonomi Jakarta. Retrieved from antaranews: https://www.antaranews.com/berita/2447469/usaha-makanan-dan-minuman-penyelamat-ekonomi-jakarta

Fatmarani, S. (2022, Juni 8). Aroma Segar Bisnis Kopi Indonesia Dari Hulu ke Hilir. Retrieved from ukmindonesia.id: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/aroma-segar-bisnis-kopi-indonesia-dari-hulu-ke-hilir

Gobiz. (2021, September 5). 7 Komponen Perencanaan Usaha yang Penting Diketahui Pebisnis Pemula. From gobiz.co.id: https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/komponen-perencanaan-usaha/#:~:text=Deskripsi%20usaha%20adalah%20salah%20satu,mitra%2C%20atau%20pihak%20pendukung%20lainnya.

Hechavarría, D. M. (2017). Taking care of business: the impact of culture and gender on entrepreneurs’ blended value creation goals. Small Business Economics, 48(1), 225-257.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). New York: Mc-Graw Hill.

Parahiyanti, C. R., Dewi, Y. R., Prasasti, A., & Prihatining, I. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran dengan Kemasan Kekinian pada Proposal Rencana Bisnis UMKM Desa Kebontunggul Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.

Soelaiman, L. (2021). Pendampingan Rencana Bisnis guna Pengembangan Usaha Kuliner Jajanan Tradisional Khas Jambi. Jurnal Bakti Masyarakat, 4(3).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharto, A. (2022, Januari 31). Menguatnya Ekonomi Rakyat, Maraknya Bisnis Kedai Kopi di Indonesia. Retrieved from triphacks.id: https://triphacks.id/menguatnya-ekonomi-rakyat-maraknya-bisnis-kedai-kopi-di-indonesia/

Trisninawati, & Septayuda, I. (2014, November 19). Peran rencana bisnis sebagai alat untuk meningkatkan keberhasilan usaha (Studi kasus UMKM di bawah binaan bina darma entrepreneurship center (BDEC). Seminar Nasional dan Call for Papers "Suistanable Competitive Advantage-4.

Published

2022-12-21