PENGEMBANGAN PROFESIONAL PKG PAUD KECAMATAN BALAPULANG DENGAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Authors

  • Ummi Athiyah Telkom University
  • Atika Ratna Dewi Telkom University
  • Shintia Dwi Alika Telkom University
  • Trihastuti Yuniati Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.53834/mdn.v11i1.10680

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam membangun fondasi pendidikan yang kuat bagi anak-anak prasekolah. Salah satu faktor utama dalam peningkatan kualitas PAUD adalah pengembangan profesionalisme guru, khususnya dalam literasi digital. Namun, masih banyak guru PAUD yang menghadapi kendala dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru PAUD di Kecamatan Balapulang melalui pelatihan pemanfaatan microsite dan wordwall sebagai media pembelajaran interaktif. Pelatihan ini dirancang untuk membekali guru dengan keterampilan membuat bahan ajar yang interaktif menggunakan wordwall dan mengelola microsite sebagai pusat distribusi materi ajar. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert (1–5), yang menunjukkan tingkat kepuasan tinggi di antara peserta, dengan skor rata-rata 4,3–4,7 pada berbagai aspek kepuasan dan manfaat pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi serta peningkatan interaktivitas dalam proses pembelajaran. Dengan adanya pelatihan ini, guru-guru PAUD menjadi lebih percaya diri dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih modern, efektif, dan sesuai dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.

Downloads

Published

2025-07-27