Analisis Pertumbuhan Asuransi Periode 2017 - 2021 (Studi Kasus PT Asuransi Allianz Life Indonesia)
Abstract
Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui pertumbuhan asuransi PT Asuransi Allianz Life Indonesia
menggunakan lima indikator yaitu Aset, Investasi, Modal Sendiri, Premi Bruto, dan Laba Rugi Sebelum Pajak.
Metode penulisan menggunakan deskriptif kuantitatif. Jenis data yaitu data sekunder dengan sumber data dari
Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan yang diambil dalam 5 tahun terakhir yaitu 2017 - 2021.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penulisan ini menunjukkan
bahwa pertumbuhan PT Asuransi Allianz Life Indonesia secara keseluruhan selama periode 2017 - 2021. Aset
diukur dengan menghitung penjumlahan antara kewajiban dan ekuitas, pertumbuhan aset PT Allianz Life
Indonesia mampu mencapai target yang diharapkan dan meluncurkan agenda pembaruan yaitu strategi bisnis
dengan 5 pilar. Investasi diukur dengan rumus ROI dihitung dengan melakukan pembagian antara laba dan
nilai investasi, pertumbuhan investasi PT Allianz Life Indonesia dengan mempertahankan pertumbuhan bisnis
dan layanan, seperti digital, SDM, dan saluran distribusi. Modal Sendiri diukur dengan pembagian rumus laba
setelah pajak dan modal sendiri, pertumbuhan modal sendiri PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan
bantuan kerja sama yang kuat dengan berbagai mitra perbankan seperti HSBC, OCBC, dan BTPN. Premi
Bruto diukur dengan menjumlahkan tarif premi dan jumlah pertanggungan, pertumbuhan premi bruto PT
Allianz Life Indonesia dengan melihat IHSG menjadikannya sebagai indikator pergerakan saham terbaik
kedua di Asia. Dan Laba Rugi Sebelum Pajak diukur dengan menjumlahkan rumus laba sebelum pajak dan
pajak penghasilan, kinerja pertumbuhan laba rugi sebelum pajak PT Allianz Life Indonesia dengan terus
meningkatkan laba bersih emiten di berbagai sektor, perbaikan indikator ekonomi makro Indonesia.