Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopee
Abstract
Tujuan dari riset ini yaitu membuktikan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna Shopee. Riset ini merupakan riset kuantitatif dengan sumber data primer. Objek dari riset ini adalah pengguna Shopee yang berdomisili di Kota Jakarta Selatan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dan didominasi oleh remaja dengan menggunakan Teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,674. Kemudian melalui uji t untuk pengaruh kualitas pelayanan ditunjukan oleh thitung sebesar 3,993 > nilai ttabel 1,660 sedangkan untuk kualitas produk ditunjukan oleh thitung 5,507 > nilai ttabel 1,660 sedangkan untuk harga ditunjukan oleh thitung 0,881 > ttabel 1,660. Artinya kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F diperoleh sebesar Fhitung 71,25 > Ftabel 2,70. Artinya bahwa kualitas pelayanan,
kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen.