Pengaruh Live Streaming Shopping dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Pengguna Shopee Di Kecamatan Jatinegara

Penulis

  • Syabani Dinova
  • Suharyati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dua variabel bebas, yaitu "Live streaming
shopping" dan "Flash sale," terhadap perilaku pembelian impulsif pengguna platform Shopee di wilayah
Kecamatan Jatinegara. Metode yang digunakan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif untuk
menjelaskan karakteristik sampel dan teknik analisis inferensial menggunakan alat bantu analisisSmartPLS
versi 4.0. Populasi penelitian terdiri dari pengguna platform Shopee di wilayah Kecamatan Jatinegara,
dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih dengan metode non probability sampling. Data
diperoleh dengan penyebaran kuesioner google form melalui media sosial. Hasil analisis menunjukan
adanya live streaming shopping berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, sedangkan flash sale
tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini memberikan pemahaman yang
lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif dalam konteks live
streaming shopping dan flash sale di platform e-commerce Shopee. Hasil penelitian ini dapat memberikan
panduan bagi pihak Shopee dan e-commerce lainnya untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif
dan berfokus pada flash sale untuk meningkatkan pembelian impulsif.

Diterbitkan

2023-11-30