Strategi Pemasaran Pada Pabrik Beras Poktan Parung Kembang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor

Penulis

  • Jaka Afianto
  • Alfatih Sikki Manggabarani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menentukan tentang strategi pemasaran apa yang tepat diterapkan dalam meningkatkan penjualan pada pabrik beras Poktan Parung Kembang. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berdasarkan hasil analisis SWOT IFAS dan EFAS, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Peneliti melakukan kegiatan wawancara secara langsung dilapangan dengan tiga orang narasumber atau informan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu; Saat ini pabrik beras Poktan Parung Kembang memproduksi tiga jenis produk beras dengan harga dan kemasan yang bervariatif, yang menjadi fokus strategi pemasaran pabrik beras Poktan Parung Kembang dalam meningkatkan penjualan produk ialah dengan mengimplementasikan strategi 4P, yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat/distribusi (place/distribution) dan strategi promosi (promotion). Namun yang menjadi fokus utama pabrik beras Poktan Parung Kembang dalam melakukan kegiatan pemasarannya yaitu dengan metode personal selling terhadap konsumen terutama kepada orang-orang terdekat, jadi belum secara massif menggunakan media sosial sebagai sarana utama untuk kegiatan promosi. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang diperoleh maka pabrik beras Poktan Parung Kembang berada pada kuadran I, yang mendukung penerapan strategi agresif.

Diterbitkan

2023-05-26