Analisis Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Cimory Diary Milk)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan melalui keputusan suatu pembelian pada produk Cimory Diary Milk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Cimory Diary Milk, jumlah responden dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Lemeshow sebanyak 100 orang sesuai kriteria yang sudah ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu konsumen Cimory pria atau wanita dengan usia diatas 15 tahun. Data dikumpulkan dengan kuesioner melalui google form. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dan analisa inferensial menggunakan software smart PLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini membuktikan digital marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk juga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel keputusan pembelian juga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan secara tak langsung terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian Cimory Diary Milk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.