Analisis Keputusan Pembelian Pada Perusahaan Jasa Pengiriman
Abstract
Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh kualitas layanan, lokasi, dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 pengguna J&T yang berlokasi di Jakarta dengan menggunakan teknik probability sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data diolah menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KUalitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (3) E-word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelin. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,772 atau dapat diartikan bahwa 77,2% keputusan pembelian pada perusahaan jasa pengiriman J&T di Jakarta dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan, lokasi, dan e-word of mouth, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.