STUDI LITERATUR PERBANDINGAN KEMAMPUAN GENERASI SANDWICH DENGAN GENERASI NON-SANDWICH TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN FINANSIAL

Penulis

  • Melsinta Dapang Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta
  • Martha Caroline Agatha Hasibuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta
  • Zahwa Syafira Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta

Kata Kunci:

Sustainable Development Goals (SDGs), Generasi Sandwich, Generasi Millennial, Kemampuan Pengelolaan Finansial

Abstrak

ABSTRACT

Technological developments are now increasingly widespread. However, the world has received a new challenge, namely the presence of the Covid-19 pandemic. This condition apparently forced people not to leave the house, and had caused a decline in the economy. Countries in the world, especially Indonesia, are trying to maintain their economy and people's welfare even without direct contact. Indonesia was able to face the crisis. In the midst of recovery after the Covid-19 pandemic, Indonesia is still trying to maintain economic stability at a positive level. The financial sector is one of the main parts that has supported the country's economy so far. From this, we can understand that understanding the ability to manage finances is very important, especially to anticipate something that is beyond our understanding. This applies to all levels of society, especially the younger generation today. The sandwich generation certainly needs this ability in order to distribute its finances properly. Not only that, the millennial generation and other generations also need this ability to create an efficient and effective financial management. Both the sandwich generation, the millennial generation or any generation have the right to receive an understanding of managing finances because this will also help realize the Sustainable Development Goals (SDGs) goal 16 target number 7. There are several factors that contribute to an understanding of financial management, namely: education, social status of parental economics, learning in schools and colleges as well as emotional support from parents and their surroundings.

Keywords: Sustainable Development Goals (SDGs), Sandwich Generation, Millennial Generation, Financial Management Ability

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi kini semakin marak. Namun, dunia menerima tantangan baru yaitu dengan hadirnya pandemi Covid-19. Kondisi ini ternyata memaksa manusia untuk tidak keluar rumah, dan sempat menyebabkan kemunduran perekonomian. Negara – negara di dunia, khususnya Indonesia berusaha untuk tetap mempertahankan perekonomian dan kesejahteraan rakyat walaupun tanpa kontak langsung. Indonesia mampu menghadapi krisis tersebut. Di tengah – tengah pemulihan pasca adanya pandemi Covid-19, Indonesia masih terus berusaha untuk mempertahankan kestabilan ekonomi pada tingkat yang positif. Sektor keuangan merupakan salah satu bagian utama yang selama ini menopang ekonomi negara. Dari hal ini, kita dapat memahami bahwa pemahaman dan kemampuan akan pengelolaan finansial sangatlah penting, terutama untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang diluar nalar kita. Hal ini berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda saat ini. Generasi sandwich tentu memerlukan kemampuan ini agar dapat mendistribusikan keuangannya dengan tepat. Tidak hanya itu, generasi millennial dan generasi – generasi lainnya juga memerlukan kemampuan ini guna menciptakan suatu efisiensi dan efektifitas pengelolaan keuangan. Baik generasi sandwich, generasi millennial atau generasi apapun berhak menerima pemahaman akan mengelola keuangan karena hal ini juga akan membantu mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 16 target nomor 7. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman terhadap pengelolaan keuangan yaitu: pendidikan, status sosial ekonomi orang tua, pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi serta dukungan emosional dari orang tua dan sekitarnya.

Kata kunci: Sustainable Development Goals (SDGs), Generasi Sandwich, Generasi Millennial, Kemampuan Pengelolaan Finansial

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

(OJK), O. J. (2021, 12 19). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. Retrieved from OTORITAS JASA KEUANGAN: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx

(OJK), O. J. (n.d.). Literasi Keuangan. Retrieved from OTORITAS JASA KEUANGAN: https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx

Affairs, D. o. (n.d.). UNITED NATIONS. Retrieved from sdgs.un.org: https://sdgs.un.org/goals

ARIANTO, B. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan ( JUMPER ), 21.

Aryan Danil Mirza, D. (2019). MILENIAL CERDAS FINANSIAL. Bandung, Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI.

bappenas. (n.d.). Tentang SGDs. Retrieved from sdgs.bappenas: https://sdgs.bappenas.go.id/tentang/

Denik Iswardani Witarti, A. P. (2021). PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: PENDIDIKAN ANTI KORUPSI KEPADA ANAK USIA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) TUJUAN 16 TARGET 5. 6.

Dina Sartika, A. W. (2021). LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI MILLENNIAL DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Dhrama Bhakti Ekuitas, 8.

Elis Listiana Mulyani, A. B. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI KEUANGAN PADA ERA SOCIETY 5.0 BAGI GENERASI ZENIAL. JCES (Journal of Character Education Society), 9.

Ferlistya Pratita Rari, J. P. (2022). PERBANDINGAN TINGKAT KEBAHAGIAAN ANTARA GENERASI SANDWICH DAN NON-GENERASI SANDWICH. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian dan Pengembangan,, 13.

Havilah, V. R. (2021). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS HIDUP DAN BEBAN PENGASUHAN PADA GENERASI SANDWICH. 119.

Indonesia, T. P. (2022). Dinamika Karier dan Pernikahan pada Perkembangan Masa Dewasa. Yogyakarta: CV. BINTANG SEMESTA MEDIA.

Karunia, A. M. (2021, 12 13). Luhut: Literasi Keuangan RI Masih Rendah Dibandingkan dengan Negara Tetangga. Retrieved from KOMPAS.com: https://money.kompas.com/read/2021/12/13/141723626/luhut-literasi-keuangan-ri-masih-rendah-dibandingkan-dengan-negara-tetangga#:~:text=Berdasarkan%20data%20OJK%20pada%202019,persen%2C%20dan%20Thailand%2082%20persen

Mauliana Putri, A. M. (2022). URGENSI LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI SANDWICH DI ACEH. AT-TASYRI’ Jurnal Ilmiah Prodi Muamala, 8.

Md. Shukri Shuib, M. F. (2020). Mahathiriskonomism dan Elemen Diplomasi Ekonomi dalam Pengurusan Ekonomi . Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 13.

Ningtyas, M. N. (2019). LITERASI KEUANGAN PADA GENERASI MILENIAL. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 8.

Nurul Khasanah. Umi Widyastuti, M. F. (2022). DETERMINAN KEPUASAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENGELOLA KEUANGAN PADA GENERASI SANDWICH. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan, 22.

R Willya Achmad W, M. V. (2019). POTRET GENERASI MILENIAL PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pekerjaan Sosial, 11.

Raihan Akbar Khalil, M. B. (2022). GENERASI SANDWICH: KONFLIK PERAN DALAM MENCAPAI KEBERFUNGSIAN SOSIAL . 11.

Rasbin, S. M. (2015). PERAN SEKTOR KEUANGAN TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. Jakarta: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI).

SARI, S. (2019). LITERASI MEDIA PADA GENERASI MILENIAL DI ERA DIGITAL. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6, 13.

Syarif Hidayatullah, A. W. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN, 10.

Yesi Hendriani Supartoyo, B. J. (2018). Pengaruh Sektor Keuangan Bank Perkreditan Rakyat terhadap Perekonomian Regional Wilayah Sulawesi. fiskal.depkeu.go.id, 25.

Yuliana, S., I Dewa Gede Karma Wisana, s., Prijono Tjiptoheridjanto, e., & Munira, S. L. (2019). Perbandingan kesehatan anak antara generasi sandwich dengan bukan generasi sandwich = Comparison of childrens health between sandwich generation and non-sandwich generation. Retrieved from https://lontar.ui.ac.id/detail?id=20492667&lokasi=lokal

Diterbitkan

2024-01-08