Menelaah Kesuksesan Konten YouTube yang Trending Analisis Data Video Trending di YouTube

Penulis

  • Charley Orilya Institut Shanti Bhuana
  • Vika Institut Shanti Bhuana
  • Christian Cahyaningtias Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v20i2.7517

Kata Kunci:

YouTube, Video Trending, Analisis Data, Kesuksesan Konten, Media Digital

Abstrak

Penelitian ini mengulas konten trending di YouTube, menganalisis faktor – faktor kesuksesan dan memahami perilaku penonton. Dengan menggunakan metode deskriptif dan time series, analisis dilakukan terhadap data video trending, menggambarkan pola waktu, kategori, waktu publikasi dan judul video. Hasil analisis statistik deskriptif menyajikan rata – rata kategori yang cenderung trending dan pola distribusi video berdasarkan tanggal. Diagram lingkaran mengidentifikasi kategori – kategori yang dominan, sementara analisis time series membuka waawasan terhadap tren musiman atau peristiwa tertentu. Analisis per channel mengungkapkan kontribusi utama pembuat konten dalam ekosistem YouTube. Analisis waktu publikasi menyoroti pentingnya pemilihan waktu yang optimal untuk meningkatkan visibilitas. Word Cloud pada judul video membuka pemahaman tentang kata – kata kunci yang mendukung konten trending. Analisis korelasi menunjukkan faktor – faktor yang mempengaruhi kesuksesan konten. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam bagi pembuat konten untuk merancang strategi konten yang lebih efektif di era digital yang dinamis.

Referensi

M. Universitas, B. Sarana, M. Indarsih, and D. Pangestu, “No Title,” vol. 6, 2021.

F. Hermawan, “Volume 14 Issue 3 ( 2022 ) Pages 564-573 JURNAL MANAJEMEN ISSN : 0285-6911 ( Print ) 2528-1518 ( Online ) Analisis minat masyarakat pengguna platform YouTube sebagai media komunikasi digital masa kini Analysis of interest of the YouTube platform users as a medium of digital communication today,” vol. 14, no. 3, pp. 564–573, 2022, doi: 10.29264/jmmn.v14i3.11565.

A. Darmuki, “MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET BERBASIS UNGGAH TUGAS VIDEO DI YOUTUBE PADA MASA PANDEMI COVID-19,” vol. 6, no. 2, pp. 655–661, 2020.

A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 33, pp. 81–95, 2018.

D. Lase, “Jurnal sundermann,” 2019.

S. Deskriptif et al., “Studi deskriptif tentang proses produksi pembuatan video konten youtube woodworker oleh adhie pane,” no. 5202, 2022.

I. Niswardi, “Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantatif dan Metode Kualitatif,” vol. 20, no. 1, pp. 37–44, 2020.

J. Teknologi, S. Informasi, and V. I. No, “1 1* , 1 , 1,” vol. VI, no. 3, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Terbitan

Bagian

Article