Desain UI/UX Aplikasi Konter Handphone Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v19i2.6297Kata Kunci:
design thinking, handphone, use questionnaireAbstrak
Angka UMKM di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. UMKM yang cukup eksis hingga saat ini salah satunya adalah UMKM konter handphone. Peningkatan tersebut dikarenakan permintaan akan jasa konter handphone sebagai tempat reparasi, penjualan suku cadang serta berbagai barang pendukung seperti kuota internet bahkan aksesoris. Tidak jarang pada UMKM konter handphone terlebih konter handphone dengan skala kecil menengah masih menggunakan media kertas dalam proses bisnisnya yang dirasa kurang efektif, sehingga untuk mendukung proses bisnis pada UMKM konter handphone diperlukan sebuah aplikasi. Namun, sebelum membuat aplikasi dibutuhkan perancangan user interface dari prototype aplikasi konter handphone untuk memberikan gambaran kepada calon pengguna terhadap produk yang akan dibuat dan apabila dari rancangan UI/UX aplikasi konter dirasa cocok dapat dikembangkan menjadi aplikasi seutuhnya dengan bantuk dari developer. Dalam melakukan perancangan ini menggunakan metode design thinking yang merupakan metode yang berpusat terhadap kebutuhan pengguna. Hasil dari perancangan desain UI/UX tersebut kemudian dilakukan pengujian kegunaan menggunakan metode USE questionnaire yang terdiri dari 4 aspek yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Penyebaran kuesioner USE terdiri dari 30 butir pertanyaan dengan menggunakan 5 point penilaian. Penelitian ini memperoleh hasil pengukuran usability testing dengan perolehan nilai sebesar 89% pada aspek usefulness (kegunaan), 86% pada aspek ease of use (kemudahan dalam penggunaan), 89% pada aspek ease of learning (kemudahan dalam mempelajari) dan 83% pada aspek satisfaction (kepuasan).
Referensi
F. Fariyanto, S. Suaidah, dan F. Ulum, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, hal. 52–60, 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.853.
M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, dan M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, hal. 43–52, Agu 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.
M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, dan N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 7, no. 1, hal. 1, Des 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, dan P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, hal. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.
S. Soedewi, W. Swasty, A. Mustikawan, dan F. E. Naufalina, “Information Architecture Pada Aplikasi E-Commerce (Studi Komparasi Aplikasi Shopee Dan Tokopedia),” Bhs. Rupa, vol. 5, no. 1, hal. 22–34, 2021.
R. Ramadan dan H. M. Az-zahra, “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, hal. 8831–8840, 2019.
T. J. Maulani dan A. R. P. Suprapto, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)(Studi Kasus: Website Superprof. co. id dan Zonaprivat. com),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 6, hal. 964X, 2021.
N. Aulia, S. Andryana, dan A. Gunaryati, “User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method,” SISFOTENIKA, vol. 11, no. 1, hal. 26, Des 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, dan T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, hal. 980, Agu 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
D. T. Harjanti, “PENERAPAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-2 IPS SMAN 1 RASAU JAYA KABUPATEN KUBU RAYA,” J. Geogr. Gea, vol. 14, no. 1, hal. 94–100, Agu 2016, doi: 10.17509/gea.v14i1.3366.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Adhi Wicak Milbar Gamas, Anita Sari Wardani; M Najibulloh Muzaki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).