Analisis Niat menggunakan Aplikasi Clubhouse dengan Model Theory of Planned Behavior

Penulis

  • Fatkhur Rohmah Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Asti Ratnasari, S.Kom, M.Kom

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v19i2.6229

Kata Kunci:

Kata kunci : Niat, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Clubhouse, TPB

Abstrak

Munculnya teknologi yang semakin hari semakin canggih, membuat pengguna harus semakin bijak dalam memilih dan menggunakannya. Baru-baru ini pengguna teknologi dihebohkan dengan kemunculan aplikasi semacam ruang diskusi yang bisa digunakan untuk rapat online. Aplikasi tersebut bernama clubhouse. Keunikan aplikasi tersebut akan menimbulkan sikap dan perilaku yang dimiliki pengguna. Hal tersebut memiliki potensi niat seseorang untuk menggunakanya. Analisis penelitian niat menggunakan aplikasi clubhouse dilakukan dengan metode TPB. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa penyebaran kuesioner yang dilakukan di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel berupa non probability sampling purposive sebanyak 100 responden. Sebelum penelitian dilakukan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen penelitian. Hasil uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel semua. Setelah uji validitas dan reliabilitas berhasil penelitian dilakukan dan diolah. Hasil penelitian menunjukkan semua hipotesis penelitian dinyatakan diterima. Hal ini menunjukkan pengaruh variabel independen terhadap dependen lumayan besar.

Referensi

M. S. Octavia, “Fenomena Pengguna Aplikasi Clubhouse Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung,” 2020, [Online]. Available: Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/53127

A. Arwin et al., “Analisis Niat Konsumen dalam menggunakan QRIS Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB),” J. E-BIS, vol. 6, no. 2, pp. 680–690, 2022.

M. F. D. Handika and D. Sudaryanti, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Melakukan Tindakan Whistleblowing,” J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 1, pp. 56–63, 2018, doi: 10.32812/jibeka.v11i1.33.

G. See-Kwong, “The Effect Of Electronic Word Of Mouth On Intention To Book Accommodation Via Online Peer-To-Peer Platform: Investigation Of Theory Of Planned Behaviour,” J. Internet Bank. Commer., vol. 1, 2015, doi: 10.4172/1204-5357.S2-005.

A. Ratnasari, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Portal Universitas Alma Ata Menggunakan Pendekatan End-User Computing Satisfaction Dan Delone and Mclane Model,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 1, no. 2, p. 66, 2019, doi: 10.21927/ijubi.v1i2.897.

(Universitas Alma Ata) Meutia layli and J. A. (Universitas A. Ata, “Audit Influence Of The Competency , Independence , And Due Professional Care To Audit Quality,” vol. 8, no. 2, pp. 152–158, 2020.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 2019.

S. Nurhasanah and A. A. Harahap, “Evaluasi Tingkat Kesiapan Pengguna Sistem Single Sign on Pada Portal Universitas Alma Ata Menggunakan Metode Technology Readiness Index (Tri),” Indones. J. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.21927/ijubi.v5i1.2126.

S. Sari, M. Layli, M. Marsuking, and ..., “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan terdaftar di Jakarta Islamic …,” … Ekon. Syariah …, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/2733%0Ahttps://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/download/2733/1797

A. P. Purwanti, Buku Ajar Etika Bisnis & CSR. 2022.

F. Rachmaulida and M. Iqbal, “Electronic Word Of Mouth Dan Aplikasi Konsep Theory Of Planned Behaviour Dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang),” J. Adm. Bisnis (JAB)|Vol, vol. 48, no. 1, pp. 107–115, 2017.

D. K. Kreshastuti, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Melakukan Tindakan Whistleblowing (Pelaporan Pelanggaran),” Skripsi, vol. FEB, no. Akuntansi, p. Universitas Diponegoro, Semarang, 2014, [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/42877/

Suparyanto dan Rosad (2015, “Theory of Planned Behavior untuk Memprediksi Niat Berinvestasi,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

L. Sakdiyah, R. Effendi, and A. S. Kustono, “Analisis Penerimaan Penggunaan E-Learning dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember,” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 2, p. 120, 2019, doi: 10.19184/ejeba.v6i2.11151.

U. Khoiroh, “Analisis Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Fashion Muslim Berdasarkan Theory Of Planned Behavior (TPB) Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Pekanbaru,” ISLAM RIAU PEKANBARU, 2021.

A. Ratnasari, A. A. Harahap, A. A. Anshori, and M. Alam, “Adopting task technology fit model on e-voting technology,” Int. J. Informatics Commun. Technol., vol. 10, no. 2, p. 148, 2021, doi: 10.11591/ijict.v10i2.pp148-158.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 2019. 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01

Terbitan

Bagian

Article