Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Kue Tradisional Bakati Menggunakan Metode Waterfall

Penulis

  • Essya Esa Institut Shanti Bhuana
  • Charley Orilya G.A.D.H.U Institut Shanti Bhuana
  • Noviyanti Novi Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v19i3.6147

Kata Kunci:

Kue Tradisional, Perancangan Sistem Informasi, Website, Metode Waterfall

Abstrak

Kue Tradisional memiliki peran penting dalam mewarisi budaya suatu daerah dengan cita rasa yang khas, mencerminkan keberagaman budaya di suatu wilayah. Kue tradisional Bakati, sebagai contoh, merupakan makanan ringan yang dibuat dari bahan alami, khususnya yang ditemukan di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, yang memiliki kekhasan Bakati. Dalam proses penjualannya, kue tradisional Bakati masih menggunakan metode konvensional. Namun, keberadaan kue khas Bakati ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan dalam ruang lingkup pemasaran dan kurangnya minat pembeli, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya promosi efektif. Oleh karena itu, dalam upaya memperkenalkan produk ini lebih luas, diperlukan perubahan dalam strategi pemasaran. Sebagai solusi, penulis telah mengembangkan sebuah sistem informasi berbasis web. Sistem ini memungkinkan konsumen untuk dengan mudah melihat gambar produk, membaca deskripsi, mengetahui harga, dan mengelola data pemesanan kue. Pembangunan sistem ini menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan database MySQL. Proses perancangan sistem informasi ini melibatkan tahap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall, yang berfokus pada tahapan-tahapan tertentu dalam pengembangan sistem. Harapannya, dengan adanya sistem informasi berbasis web ini dapat meningkatkan eksposur produk, mencapai konsumen baru, dan meningkatkan penjualan. Website diharapkan menjadi alat yang efektif dalam memasarkan kue tradisional Bakati dan menciptakan kepuasan pelanggan.

Referensi

C. Cecilia and G. K. Setiawan, “Choux Au Craquelin Aneka Kreasi Choux Au Craquelin dengan Cita Rasa Jajanan Tradisional Indonesia,” vol. 2, no. 1, pp. 200–212, 2021, [Online]. Available: https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/354714/choux-au-craquelin-aneka-kreasi-choux-au-craquelin-dengan-cita-rasa-jajanan-trad

F. V Arsyalizi, “Upaya Melestarikan Kue Papais Sebagai Kue Tradisional Khas Cirebon,” Culinaria, vol. 2, no. 1, pp. 1–30, 2020.

M. T. Student et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Front. Neurosci., vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2021.

A. Prasetyo, L. S. Rahmawati, and M. I. Ramadhan, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Mazidah Collection,” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 43–52, 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i1.146.

M. I. A. ABDULLAH, “Sistem Informasi Penjualan Pada Cv. Jaya Sablon Advertising,” vol. 9, no. 2, pp. 174–186, 2022, [Online]. Available: https://repository.unh.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/458/108. M. IQBAL ALAN ABDULLAH-1701080.pdf?sequence=1&isAllowed=y

I. R. Pratama, L. N. Zulita, and H. L. Sari, “Development of Bengkulu Traditional Cake Marketing through E-Commerce Media,” J. Komputer, Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 157–164, 2021, doi: 10.53697/jkomitek.v1i1.152.

A. H. Setiawan and R. Wijanarko, “Sistem Informasi Penjualan Roti Berbasis Web (Studi Kasus di CV Mams Bakery),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, p. 52, 2021, doi: 10.36499/jinrpl.v3i1.4036.

D. Purwaningtias, D. Risdiansyah, M. S. Maulana, and A. Sasongko, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Kue Kota Pontianak Menggunakan Metode Waterfall,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 405–411, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1037.

A. T. Kusumo, Vito Triantori, and Ishak Komarudin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall,” J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 82–88, 2021, doi: 10.51998/jsi.v10i2.422.

M. M. Amirudin, H. Herpendi, V. Julianto, and E. W. Sholeha, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan Penerapan Semua Program Studi Politeknik Negeri Tanah Laut,” J. Sains dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 203–212, 2020, doi: 10.34128/jsi.v6i2.258.

R. Melyanti, M. Iqbal, and M. Muhardi, “Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di Bagian P3M (Studi Kasus: Stmik Hang Tuah Pekanbaru),” J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 165–176, 2020, doi: 10.33060/jik/2020/vol9.iss2.186.

S. Haryono, “Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 39, 2018, doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2324.

W. P. Widharta and S. Sugiharto, “Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai,” Manaj. Pemasar. Petra, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2013, [Online]. Available: https://www.neliti.com/id/publications/134744/penyusunan-strategi-dan-sistem-penjualan-dalam-rangka-meningkatkan-penjualan-tok

N. Hidayati, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Gener. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.

Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.

M. Alda, “Perancangan E-Commerce Penjualan Kue Dengan Menerapkan Model B2C (Business To Consumer),” J. Comput. Digit. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 28–36, 2022, doi: 10.56427/jcbd.v1i1.6.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Article