Klasifikasi Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi PeduliLindungi di Google Play Menggunakan Algoritma Support Vector Machine dengan Seleksi Fitur Chi-Square

Penulis

  • Cindy Chairunnisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Iin Ernawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Mayanda Mega Santoni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4594

Kata Kunci:

Analisis Sentimen, Seleksi Fitur, Chi-Square, Support Vector Machine, PeduliLindungi

Abstrak

Upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran wabah virus corona yang semakin meluas hampir di setiap negara di dunia termasuk di Indonesia telah banyak dilakukan. Salah satu upaya yang telah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini adalah membuat sebuah aplikasi bernama PeduliLindungi. Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan tracing dan monitoring lokasi penyebaran virus corona sehingga dapat menurunkan kasus corona di Indonesia. Banyak ulasan yang diberikan oleh masyarakat terhadap aplikasi ini baik yang berupa kritik maupun kepuasan. Namun, untuk mengetahui seluruh ulasan yang diberikan tidak mudah. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil sentimen masyarakat terhadap aplikasi PeduliLindungi. Analisis sentimen yang dilakukan dengan mengklasifikasikan ulasan menjadi ulasan positif dan ulasan negatif menggunakan algoritma Support Vector Machine dengan seleksi fitur chi-square. Pengumpulan data ulasan dilakukan dengan melakukan scrapping di google play dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Hasil dari klasifikasi sentimen terhadap aplikasi PeduliLindungi menghasilkan performa yang baik dan menghasilkan nilai akurasi sebesar 93%, recall sebesar 86%, precision sebesar 98%, specificity sebesar 98% dan f1-score sebesar 92%.

Referensi

Abubakar, A. (2016). A Support Vector Machine Classification of Computational Capabilities of 3D Map on Mobile Device for Navigation Aid. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 10(3). Retrieved from http://dx.doi.org/10.3991/ijim.v10i3.5056

Ahmad, K., Qadir, J., Qolomany, B., Khan, I., Khan, T., Sulaeman, M., . . . Al-Fuqaha, A. (2021). Sentiment Analysis of Users’ Reviews on COVID-19 Contact Tracing Apps with a Benchmark Dataset. arXiv. Retrieved from https://arxiv.org/abs/2103.01196

Deng, N., Tian, Y., & Zhang, C. (2013). Support Vector Machines Optimization Based Theory, Algorithms, and Extensions. Florida: Taylor & Francis Group.

Herlinawati, N., Yuliani, Y., Faizah, S., Gata, W., & Samudi. (2020). Analisis Sentimen Zoom Clouds Meetings di Google Play Store Menggunakan Naive Bayes dan Support Vector Machine. Journal of Computer Engineering System and Science, 5(2), 293-298.

Indraini, A. N. (2021). Analisis Sentimen Terhadap Pembelajaran Daring di Indonesia Dengan Menggunakan Support Vector Machine (SVM). Skripsi Thesis.

Jo, T. (2019). Text Mining Concepts, Implementation, and Big Data Challenge (Vol. 45). Switzerland: Springer International Publishing AG.

Kumar, L., & Bhatia, P. K. (2013). Text Mining : Concepts, Process and Applications. Journal of Global Research in Computer Science, 4(3).

Luthfiana, L., Young, J. C., & Rusli, A. (2020). Implementasi Algoritma Support Vector Machine dan Chi Square untuk Analisis Sentimen User Feedback Aplikasi. ULTIMATICS, 12(2).

Nisa, A., Darwiyanto, E., & Asror, I. (2019). Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Classifier dengan Chi-Square Feature Selection Terhadap Penyedia Layanan Telekomunikasi. e-Proceeding of Engineering, 6(2), 8650.

Pratama, A. Y., Umaidah, Y., & Voutama, A. (2021). nalisis Sentimen Media Sosial Twitter Dengan Algoritma K-Nearest Neighbor dan Seleksi Fitur Chi-Square (Kasus Omnibus Law Cipta Kerja). Jurnal Sains Komputer & Teknologi (J-SAKTI), 5(2), 897-910.

Putri, C. E., & Hamzah, R. E. (2021). Aplikasi Pedulilindungi Mitigasi Bencana Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 66-78.

Somantri, O., & Apriliani, D. (2018). Support Vector Machine Berbasis Feature Selection untuk Sentiment Analysis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Warung dan Restoran Kuliner Kota Tegal. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIK), 5(5), 537-548.

Sudiarsa, I. W., & Wiraditya, I. G. (2020). Analisis Usability Pada Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Aplikasi Informasi Dan Tracking Covid-19 Dengan Heuristic Evaluation. Journal of Information Technology and Computer Sains, 3(2).

Tsani, M. R., Rupaka, A. P., Asmoro, L., & S B A, B. P. (2020). Analisis Sentimen Review Transportasi Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Berbasis Chi-Square. Smart Comp, 9(1).

Vinodhini, G., & Chandrasekaran, R. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining : A Survey. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 2(6).

Zulqornain, J. A., Indriati, & Adikara, P. P. (2021). Analisis Sentimen Tanggapan Masyarakat Aplikasi Tiktok Menggunakan Metode Naive Bayes dan Categorical Propotional Difference (CPD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(7), 2886-2890.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-15

Terbitan

Bagian

Article