Analisis dan Perancangan User Interface dan User Experience BNI Life Mobile dengan Metode User Centered Design

Penulis

  • Jasmin Maula Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Erly Krisnanik
  • Helena Nurramdhani
  • Tjahjanto Tjahjanto UPN Veteran Jakarta
  • Deni Mahdiana Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4319

Kata Kunci:

BNI Life Mobile, Antarmuka, Prototyping, User Centered Design, System Usability Scale

Abstrak

PT. BNI Life Insurance atau yang biasa dikenal dengan BNI Life merupakan perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai produk seperti asuransi kehidupan (jiwa), kesehatan, pendidikan, investasi, pensiun, dan syariah. Dalam menjalankan transaksinya, BNI Life memiliki aplikasi bernama BNI Life Mobile untuk melakukan klaim asuransi yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Dengan adanya aplikasi BNI Life Mobile ini, diharapkan dapat memudahkan nasabah untuk mengklaim produknya. Tetapi, hal tersebut harus didukung dengan tampilan antar muka yang baik, menarik, dan mudah dipahami oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap UI/UX pada aplikasi BNI Life Mobile untuk mengetahui nilai kegunaannya (usability) dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD). Penerapan metode UCD dilakukan dengan melaksanakan kuesioner dan prototyping dengan teknik System Usability Scale (SUS). Penelitian ini menghasilkan suatu tampilan antar muka baru dalam bentuk prototype yang dapat digunakan sebagai saran untuk BNI Life dengan peningkatan nilai usability sebesar 20 agar pengguna aplikasi BNI Life Mobile dapat merasakan kegunaan dan experience yang baik saat menggunakannya.

Referensi

ISO 9241-210., “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. International Standard,” https://www.iso.org/standard/77520.html, 2019.

R. Donaroe Munthe, K. Candra Brata, and L. Fanani, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya),” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

Y. V. Akay, A. J. Santoso, and F. L. S. Rahayu, “Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus : Kota Manado),” 2016.

Lewis, J. R., 2018. The system usability scale: past, present, and future. International Journal of Human–Computer Interaction, 34(7), 577-590.

A. R. Wasil, Petunjuk Memulai UX Dari Nol. 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Article