Aplikasi Konseling Siswa Berbasis Web (Stusi Kasus: SMA Negeri 41 Jakarta)

Penulis

  • Mia Setya Bandiyani D3 Sistem Informasi - UPNVJ
  • Kholifatul Husna D3 Sistem Informasi - UPNVJ
  • Erly Krisnanik

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v16i3.2192

Kata Kunci:

Konseling, Unified Modelling Language (UML), Metode Waterfall, Sekolah Menengah Atas (SMA)

Abstrak

Bimbingan Konseling merupakan suatu program dari guru Bimbingan Konseling di setiap sekolah. Begitupun juga di Sekolah Menengah Atas Negeri 41 Jakarta. Kurangnya data informasi yang diperoleh siswa setelah siswa melakukan bimbingan (Hasil Bimbingan). Serta kurangnya rekaman simpanan data pendukung untuk melakukan bimbingan tersebut. Baik nilai, data siswa, maupun rekam jejak hasil bimbingan tersebut. Perihal rekaman simpanan data nilai,data siswa dan hasil bimbingan siswa diatas mengakibatkan antrian untuk melakukan bimbingan cukup rumit. Oleh karena itu perlu di bangunnya rancangan sistem informasi konseling agar memudahkan guru BK dalam mendapat rekaman data nilai, biodata siswa dan aspek aspek pendukung. Serta memudahkan Siswa untuk mengajukan bimbingan serta memperoleh rekaman data hasil bimbingan tersebut. Guna mengurangi antrian pengajuan bimbingan. Aplikasi Konseling Siswa ini berbasis web menggunakan bahasa program PHP dan data penyimpanan MYSQL (PHP MYADMIN), rancangan sistem yang akan dibuat di gambarkan dengan diagram unified Modelling Language atau UML, dengan menggunakan metodologi pendekatan waterfall, dan metodelogi analisis PIECES, harapan adanya pengelolaan berkas atau data – data konseling siswa menjadikan konseling / bimbingan siswa mejadi efektif serta efisien dan bagi siswa dalam melakukan dan mendapatkan konseling siswa di guru BK nya tersebut. Kata kunci : Konseling, Unified Modelling Language (UML), Metode Waterfall, metode analsis PIECES.

Referensi

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Aprilia, Ratna. Manfaat database:Artikel Internet: https://tugasakhir.id/landasan-teori-manfaat-database/

H, Kamaluddin.2011. Bimbingan dan Konseling Sekolah , Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiriyati, Tri. Definisi penilaian dan tujuan penilaian. Artikel internet: http://www.pendidikanutama.xyz/2017/11/pengertian-penilaian-kinerja-guru.html.

Kristanto, Andi. 2018. Perancangan Sistem Informasi dan aplikasinya.Yogyakarta:Penerbit Gava Media.

Kusumo, Novi haryo.sistem informasi penilaian di sma negeri 1 karanganyar. 2011.

Lizada iswari, Wijaya Kusuma.Sistem Elektronik rapor di SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta, 2007.

Nuraili, Zuraida Septia. Sistem Informasi Penilaian Siswa SMA Negeri 1 Wonosari Kabupaten Klaten, 2007.

Nurhayati, Dini. 2017. Pengantar Program BK , Program Bimbingan dan Konseling SMAN 41 Jakarta.

Purnama, Bambang Eka dkk. Pembangunan Sistem informasi penilaian hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Rembang Berbasis Web, 2008.

Riskiyah.2017.Definisi, tugas, dan penilaian guru bimbingan konseling.

Artikel internet: https://www.researchgate.net/publication/320913456_

Implementasi_Permendikbud_No_111_Tahun_2014_dan_Implikasinya_terhadap_Kompetensi_dan_Uraian_Tugas_Guru_Bimbingan_Konseling.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi.

Vokasi Universitas Udayana.Peraturan akademik pendidikan: Artike linternet: http://vokasi.unud.ac.id/wpcontent/uploads/2014/08/Peraturan_akademik_pendidikan.pdf

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Article