Perancangan Sistem Penggajian Pengajar dengan Menggunakan Framework Angular dan Codeigniter (Studi Kasus MABIT Nurul Fikri)

Penulis

  • Anggi Fergian Pratama Universitas Pembangunan Veteran Nasional Jakarta
  • Intan Hesti Indriana Universitas Pembangunan Veteran Nasional Jakarta
  • Nur Hafifah Matondang Universitas Pembangunan Veteran Nasional Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i2.3199

Kata Kunci:

Sistem Informasi Manajemen, Penggajian, Dashboard, Waterfall

Abstrak

Sebagai organisasi pendidikan yang banyak melakukan kegiatan administrasi, Mabit Nurul Fikri belum mengimplementasi manajemen sistem informasi sehingga data-data yang ada belum saling terintegrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi penggajian pengajar di Mabit Nurul Fikri guna meningkatkan pengelolaan administrasi yang efisien. Penulis menggunakan Waterfall sebagai metode perancangan sistem. Penulis juga menggunakan diagram UML untuk memodelkan sistem juga sebagai kerangka berfikir dalam perancangan berbasis objek. Penelitian ini menggunakan framework PIECES untuk menganalisis masalah pada sistem saat ini. Sistem informasi manajemen penggajian pengajar ini dibangun menggunakan CodeIgniter, Angular, dan MySQL. Ada 2 jenis aktor pada sistem ini yaitu Bendahara dan Kepala Departemen. Bendahara memiliki hak akses ke semua use case dalam sistem, sedangkan Kepala Departemen tidak. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa dashboard internal Mabit Nurul Fikri yang dapat menyimpan data pengajar, presensi, dan insentif, menghitung gaji pengajar, serta mengunduh dokumen insentif dalam bentuk PDF.

Referensi

Dennis, A., Wixom, B. H., & Roth, R. M. (2018). Systems Analysis and Design. John wiley & sons.

Destiningrum, M. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework CodeIgniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal TeknoInfo.

Gillis, A. (2020). Rest API (Restful API). Diakses via https://searchapparchitecture.techtarget.com/definition/RESTful-API

Lestari, P. (2018). Pengembangan Single Page Application Pada Sistem Informasi Akademik. ILKOM Jurnal Ilmiah.

Martin. (2018). 7 Basic Software Development Life Cycles (SDLC) Methodologies: Which One is the Best?. Diakses via https://www.cleverism.com/software-development-life-cycle-sdlc-methodologies/

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2016). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3).

Tristianto, C. (2018, July). Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan. In ESIT (Vol. 12, No. 1, pp. 8-22).

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-13

Terbitan

Bagian

Article