Pengujian Model Aplikasi User Interface E-Anjal Dengan Menggunakan Metode Black Box

Penulis

  • Yuni Widiastiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  • Ati Zaidiah Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  • Intan Hesti Indriana Universitas Pembangunan Nasional Veteran

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v16i2.1980

Kata Kunci:

Black Box

Abstrak

Pengujian merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam sebelum melakukan implementasi dari desain model sebuah aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian terhadap rancangan aplikasi user interface E-Anjal yang telah dibuat untuk melihat kesesuaian dengan model desain yang telah ditentukan dan juga mencari kemungkinan terjadinya kesalahan pada tahap perancangan aplikasi user interface. Metode yang digunakan untuk pengujian menggunakan metode black box, dimana dengan metode ini ingin melihat kesalahan yang terjadi pada rancangan user interface berdasarkan kesesuaian antara output yang dibuat dengan input yang dimasukkan, mengacu kepada model desain aplikasi e-anjal. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah tidak adanya kesalahan pada  rancangan aplikasi user interface dan sesuai dengan model desain sistem yang telah dibuat.

Biografi Penulis

Yuni Widiastiwi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran

FIK UPNVJ

Referensi

G. W. Setiawan, “Pengujian Perangkat Lunak Menggunakan Metode Black Box Studi Kasus Exelsa Universitas Sanata Dharma,” p. 286, 2011.

M. Nurudin, W. Jayanti, R. D. Saputro, M. P. Saputra, and Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, p. 143, 2019, doi: 10.32493/informatika.v4i4.3841.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.

T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggwiunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform. UNIS JUTIS, vol. 6, no. 1, pp. 2252–5351, 2018, [Online]. Available: www.ccssenet.org/cis.

H. B. I. Alfaris, C. Anam, and A. Masy’an, “Implementasi Black Box Testing Pada Sistem Informasi Pendaftaran Santri Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP Dan MYSQL,” J. Sains dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 23–38, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/download/64/64.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Article