Perancangan Aplikasi Monitoring Ibadah Harian Siswa Berbasis Android di SMAN 2 Tilatang Kamang

Penulis

  • Rizky Wahyuni Qalbi IAIN Bukittinggi
  • Sarwo Derta IAIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v16i3.1900

Abstrak

Penelitian ilmiah ini berisi tentang aplikasi monitoring ibadah harian siswa yang dijalankan pada smartphone berbasis Android. Aplikasi ini bertujuan untuk memantau atau memonitoring perkembangan ibadah harian yang dilakukan oleh siswa. Dimulai dengan mengumpulkan data, merancang dan mengaplikasikan logika program, membuat tampilan aplikasi serta melakukan perbaikan. Peneliti menggunakan model pengembangan SDLC versi Waterfall. Aplikasi ini peneliti rancang menggunakan bahasa pemograman PHP/MySql. Uji coba yang dilakukan pada smartphone Android, mulai dari awal sampai mencoba menu yang ada di dalam aplikasi berjalan lancar. Aplikasi ini peneliti lakukan dengan harapan dapat membantu siswa dan guru dalam proses monitoring ibadah harian yang dilakukan siswa dan pelaporannya.

Referensi

N. Dengen, “Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser,” vol. 4, no. 1, pp. 47–54, 2009.

A. Widarma and S. Rahayu, “Perancangan Aplikasi Gaji Karyawan pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk. Gunung Melayu Estate - Kabupaten Asahan,” pp. 1–10, 2015.

M. Yumari, Strategi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

W. Komputer, Step by Step menjadi Programer Android. Yokyakarta: ANDI, 2013.

P. Setiawan, Sulistiowati, and J. Lemantara, “Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Evaluasi Proses Belajar Mengajar Berbasis Web pada STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo Surabaya,” vol. 4, no. 2, pp. 1–6, 2015.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Article