Perancangan Sistem Pengatur pH Air Akuarium Menggunakan Kendali Logika Fuzzy

Penulis

  • Sarmayanta Sembiring Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Rifai Universitas Sriwijaya
  • Sutarno Sutarno Universitas Sriwijaya
  • Pascal Adhi Kurnia Tarigan Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v16i1.1682

Kata Kunci:

Sensor pH, water flow sensor, sensor ultrasonik, sensor batas air dan kendali logika fuzzy

Abstrak

Telah dirancang sebuah sistem pengatur pH air akuarium dengan kendali logika fuzzy. Sistem ini akan menambahkan air basa/asam dengan volume sesuai dengan output  sistem kendali  yang di alirkan ke akuarium secara otomatis untuk mencapai pH air akuarium yang telah ditargetkan.  Input sistem ini adalah pH air penambah basa/asam yang di inputkan melalui keypad 4x4, pH air akuarium yang di diteksi sensor pH, volume air akuarium yang di diteksi menggunkan sensor ultrasonik. Output sistem ini adalah penambahan air basa/asam ke dalam akuarium dengan menggunakan pompa DC dan volumenya terukur menggunakan rangkaian sensor batas air dan  water flow sensor untuk memastikan volume air penambah telah sesuai dengan output sistem kendali. Hasil eksperimen menunjukkan sistem yang dirancang telah dapat berjalan dengan baik, dimana sensor ultrasonik telah dapat menditeksi jarak sebagai variabel untuk mencari volume air akuarium dengan error rata-rata 1,875%, sensor pH telah dapat menditeksi pH air akuarium dengan error rata-rata 1,76%, sistem pengatur air penambah basa dapat mengalirkan air sesuai dengan volume yang di inginkan dengan error rata-rata 3,56%,  sistem pengatur air penambah asam dapat mengalirkan air sesuai dengan volume yang di inginkan dengan error rata-rata 7,56%, Sistem kendali fuzzy sebagai pengatur pH air akuarium telah berjalan dengan baik dengan menurunkan error rata-rata dari 5,34% menjadi 1,59%.

Biografi Penulis

Sarmayanta Sembiring, Universitas Sriwijaya

Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Ahmad Rifai, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Komputer Sistem Informasi Universitas Sriwijaya

Sutarno Sutarno, Universitas Sriwijaya

Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer

Pascal Adhi Kurnia Tarigan, Universitas Sriwijaya

Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer

Referensi

M. Fazil, S. Adhar, and R. Ezraneti, “Efektivitas penggunaan ijuk, jerami padi dan ampas tebu sebagai filter air pada pemeliharaan ikan mas koki (Carassius auratus),” Acta Aquat. Aquat. Sci. J., vol. 4, no. 1, pp. 37–43, 2017.

A. S. Piranti, “Baku Mutu Air untuk Budidaya Ikan,” Purwokerto. [Online]. Available: https://docplayer.info/46412958-Bio-unsoed-ac-id-bai-u-mutu-air-untuk-budidaya-ikaf-a-pendahuluai-b-parameter-kualitas-air-untuk-budidaya-ikai.html.

Sangkutifarm, “pH air untuk kolam ikan lele yang baik,” 2015. https://www.sangkutifarm.com/ph-air-untuk-kolam-ikan-lele-yang-baik/ (accessed Feb. 23, 2018).

M. Subandi, N. P. Salam, and B. Frasetya, “Pengaruh berbagai nilai EC (Electrical Conductivity) terhadap pertumbuhan dan hasil bayam (Amaranthus SP.) pada hidroponik sistem rakit apung (Floating Hydroponics System),” J. Istek, vol. 9, no. 2, 2015.

I. Puspasari, Y. Triwidyastuti, and H. Harianto, “Otomasi Sistem Hidroponik Wick Terintegrasi pada Pembibitan Tomat Ceri,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 97–104, 2018.

E. B. Edikresnha, Priadhana; Hardiansyah; Prasetya, “Rancang bangun pemelihara lele otomatis dengan pengaturan waktu makan dan penjagaan kualitas air menggunakan atmega328,” in Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI), 2016, pp. 316–323.

E. Poerwanto, S. T. Rasmana, and M. C. Wibowo, “Pengontrol kualitas air tambak menggunakan metode fuzzy logic untuk budidaya udang windu,” J. Control Netw. Syst., pp. 46–53, 2014.

R. Marulitua, L. Batu, E. Ariyanto, and C. W. Wijiutomo, “Perancangan Dan Pembangunan Sistem Otomasi Pengkondisian Kadar pH Dan Suhu Air Kolam Ternak Ikan Lele Design And Implementation Of Automated Conditioning System For Water pH Level And Temperature In Catfish Breeding Pond,” vol. 4, no. 1, pp. 1158–1166, 2017.

T.Sutojo, E. Mulyanto, and V. Suhartono, Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI, 2011.

Q. Bao, S. Li, W. Shang, and M. An, “A fuzzy behavior-based architecture for mobile robot navigation in unknown environments,” in 2009 International Conference on Artificial Intelligence and Computational Intelligence, 2009, vol. 2, pp. 257–261.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-02

Terbitan

Bagian

Article