Analisa Trafik Pengunjung Website dalam Pengembangan UI dan UX

Penulis

  • Ridwan Raafi'udin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Bayu Hananto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Catur Nugrahaeni Puspita Dewi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v15i2.1419

Kata Kunci:

Trafik Website, User Experience, User Interface

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menggiring para pengguna untuk selalu memutakhirkan penerapan teknologinya. Hampir di setiap lapisan masyarakat baik di kalangan industri dalam persaingan bisnisnya maupun di bidang pendidikan untuk meningkatkan layanan pendidikan yang semakin baik. Website portal menjadi salah satu kewajiban yang harus dimiliki oleh universitas dalam rangka penyediaan layanan informasi kepada khalayak umum, yang memerlukan informasi. Dalam rangka peningkatan pelayanan informasi kepada khayalak tersebut diperlukan peningkatan dari berbagai aspek, seperti kecepatan akses, user interface, dan user experience. Pada penelitian ini, peneliti akan mencoba meningkatkan user experience pada website portal yang dimiliki Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Dengan peningkatan tersebut diharapkan akan meningkatkan kepuasan khayalak terhadap pemenuhan kebutuhan informasi yang bersumber dari kampus UPN Veteran Jakarta.

Biografi Penulis

Ridwan Raafi'udin, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Laboratorium e-Learning
Fakultas Ilmu Komputer

Referensi

Hendriadi, A. A. (2015). Analisis Web Menggunakan Google Analytic utuk Menyajikan Laporan Data Situs dalam Proses Optimasi. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 7–19.

Joannetjahyana, Lady, Marsefio, &, & Luhukay, S. (2014). Web Analytic Untuk Pengukuran Dampak Social Media Campaign Blog Socialgadgetnews.Com. Jurnal Scriptura, 4(1).

Munadi, K., & Kunci, K. (2010). Analisa Statistik Pengunjung Situs Resmi Universitas Syiah Kuala (www.unsyiah.ac.id). Jurnal Rekayasa Elektrika, 9(2), 49–54.

Wiryawan, M. B. (2011). User Experience (Ux) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Humaniora, 2(2), 1158.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-13

Terbitan

Bagian

Article