CRYPTOCURRENCY, NILAI TUKAR DAN REAL ASSET TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERBANKAN INDONESIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Marganda Saut Parulian Sihombing, Jubaedah Nawir, Sri Mulyantini

Sari


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Cryptocurrency, Nilai Tukar dan Real Asset terhadap Harga Saham pada Perbankan Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016- 2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang listed di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 43 perusahaan perbankan. Penarikan jumlah sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling, dan berdasarkan rumus slovin jumlah minimum yang di jadikan sampel sebanyak 39 perusahaan. Teknikoanalisispdata menggunakan analisisyregresii lineariberganda dengan menggunakan program Eviews 7.Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Cryptocurrency berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Nilai Tukar Rupiah berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Harga Emas berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Untuk itu disarankan kepada calon investor yang ingin membeli saham agar terlebih dahulu melihat kondisi pasar saham berdasarkan analisa makro ekonomi seperti cryptocurrency, nilai tukar rupiah dan harga emas dunia, karena ketiga faktor ini terbukti dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham sektor perbankan.


Kata Kunci


Kata Kunci : Cryptocurrency, Nilai Tukar, Harga Emas dan Harga Saham

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35590/jeb.v7i2.2102

Article Metrics

Sari view : 696 times
PDF - 1653 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Penerbit: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jl. RS Fatmawati, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450. 

Telepon: 081380298926 atau 08989889890 Email: jurnalekonomibisnis@upnvj.ac.id

Creative Commons License

Jurnal ini terlisensi dibawah lisensi: Creative Commons Attribution 4.0 International License.