Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Ekonomi dan Bisnis?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

KETENTUAN UMUM

  1. Naskah yang diterbitkan adalah hasil penelitian yang orisinil.
  2. Naskah memiliki kontribusi ilmiah yang merupakan pengembangan dari ilmu pengetahuan, unik dan memiliki temuan yang bermanfaat baik bagi komunitas akademik maupun masyarakat secara umum.
  3. Naskah belum pernah dipublikasikan di jurnal lain.
  4. Naskah tidak dalam proses penyuntingan di jurnal lain.
  5. Naskah diketik dengan spasi 1, font Cambria ukuran 12, kertas A4.
  6. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan panjang artikel maksimal 6.000 kata atau 20 halaman.
  7. Di halaman pertama harus mencantumkan judul, abstrak, dan kata kunci.
  8. Naskah telah mengikuti template manuskrip EKOBIS.
  9. Proses review dilakukan menggunakan metode double-blind review. Oleh karena itu, Nama penulis, afiliasi, dan alamat email dituliskan pada saat penyerahan naskah dan input metadata artikel dan penulis. Nama penulis, afiliasi, dan alamat email tidak dicantumkan dalam artikel.
  10. Proses review dilakukan selama 3-6 bulan.
  11. Naskah dikirim melalui website EKOBIS, bila belum memiliki akun dipersilahkan mendaftarkan diri pada link berikut: OnlineSubmissions
  12. Naskah mengikuti etika publikasi EKOBIS.

FORMAT DAN SUSUNAN PENULISAN (NASKAH BAHASA INDONESIA)

  1. Judul
  2. Abstrak (dengan Kata Kunci)
  3. Pendahuluan
  4. Tinjauan Pustaka
  5. Metodologi Penelitian
  6. Hasil
  7. Pembahasan (dapat disatukan dengan Poin 6: Hasil dan Pembahasan)
  8. Simpulan
  9. Pengakuan (Pilihan)
  10. Daftar Pustaka

FORMAT AND AUTHOR GUIDELINES (ARTICLE IN ENGLISH)

  1. Title
  2. Abstract (with Keywords)
  3. Introduction
  4. Literature Review
  5. Research Methodology
  6. Result
  7. Discussion (could be included in Point 6: Result and Discussion)
  8. Conclusion
  9. Acknowledgement (optional)
  10. References

PENJELASAN FORMAT PENULISAN

Judul (Title). Suatu judul harus ringkas, bombastis, dan menunjukkan isi dari penelitian. Judul tidak melebihi 12 kata. Judul tidak boleh diawali dengan kata judul yang sangat umum seperti: “pengaruh”.

Abstrak (Abstract). Ditulis dalam dua versi: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (baik manuskrip full Bahasa Indonesia, maupun Bahasa Inggris). Abstrak merefleksikan isi dari tulisan, maksimal 250 kata. Abstrak Bahsa Inggris ditulis miring (italic). Isi abstrak harus mengandung unsur: argumentasi logis, pendekatan dalam pemecahan masalah, hasil yang dicapai dan kesimpulan. Abstrak harus memuat sedikit pendahuluan, sedikit tinjauan pustaka, sedikit metodologi penelitian, sedikit hasil, dan sedikit simpulan. Abstrak ditutup dengan Kata Kunci dari penelitian dengan 5-7 kata/frasa/kelompok kata dengan pemisah titik-koma (;) antara kata kunci. Kata kunci yang dipilih harus telah mewakili isi naskah yang dituliskan.

Pendahuluan (Introduction). Berisi latar belakang penelitian memuat penjelasan umum terkait penelitian. Dimulai dengan (1) penentuan teritori penulisan yang merupakan generalisasi dari topik penelitian, (2) penentuan pertanyaan penelitian yang diteliti, dan (3) menjelaskan tujuan dari penelitian. Penulisan pendahuluan diawali latar belakang umum kajian; kemudian memuat State of the Art (kajian literature review atau penelitian sebelumnya secara singkat, 1-2 paragraf) dengan tujuan untuk menjustifikasi/menguatkan pernyataan novelty/signifikansi/kontribusi ilmiah/orisinalitas dari artikel. Serta merujuk artikel dari jurnal 10 tahun terakhir yang memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi tersebut.

Tinjauan Pustaka (Literature Review). Penulisan tinjauan pustaka bukanlah kumpulan pengertian/definisi teknis dari istilah dalam penelitian, melainkan berisikan teori dan penelitian terdahulu terkait dengan bahasan penelitian, dijelaskan dengan terperinci dan bernarasi. Tinjauan pustaka dapat diakhiri dengan pengembangan dan pernyataan hipotesis penelitian secara eksplisit atau implisit dalam tinjauan pustaka. Dalam tinjauan pustaka, harus ada diskusi yang dalam dari teori dan penelitian terdahulu sehingga pembaca dapat mengetahui teori dan hasil penelitian yang terbaru. Jika ada pertentangan hasil (inconclusive result) dari penelitian terdahulu, harus didiskusikan dari dua perspektif secara proporsional hingga penulis mengembangkan hipotesis dari penelitian sesuai dengan karakteristik sampel/populasi/geografis dari penelitian yang juga dikembangkan dari pengkajian literatur yang cukup. Keprimeran literatur pustaka rujukan ≥80% berasal dari literatur jurnal ilmiah untuk naskah kuantitatif; atau ≥50% dari literatur jurnal ilmiah untuk naskah kualitatif. Buku-buku dan literatur selain jurnal ilmiah boleh dipakai sebagai acuan, tetapi <20% untuk naskah kuantitatif atau <50% untuk naskah kualitatif. Jumlah rujukan di daftar pustaka disarankan >20 pustaka acuan.

Metodologi Penelitian (Research Methodology). Penulisan metodologi penelitian ditulis lengkap: lokasi penelitian, jumlah responden, cara mengolah hasil pengamatan atau wawancara atau kuesioner, dan cara mengukur tolok ukur kinerja. Perlu ditekankan bahwa metode yang sudah umum tidak perlu dituliskan secara detail, tetapi cukup merujuk ke pustaka acuan. Prosedur percobaan/eksperimentasi sosial (applied science) harus dituliskan dalam bentuk kalimat berita, bukan kalimat perintah. Rumus, model, dan tahapan perlakuan penelitian harus dinyatakan secara jelas, berurutan, dan rigid berbasis literatur terbaru sesuai kebutuhan penelitian.

Hasil (Result). Merupakan hasil dari analisis data, menjelaskan temuan-temuan kunci. Hasil tidak dalam bentuk pengulangan-pengulangan penjelasan hasil uji variabel (bagi yang memiliki variabel lebih dari satu). Bagi penelitian kuantitatif, diharapkan membuat tabel yang ringkas dan informatif dari analisis data, bukan merupakan copy-paste dari tampilan hasil analisis data dari software statistik. Statistik deskriptif, uji validitias-reliabilitas, dan komponen uji awal olah data harus dibuat ringkas dan informatif. Hasil disajikan secara bersistem sesuai dengan tujuan penelitian. Penggunaan tabel dan gambar harus sesuai pedoman penulisan ini. Bagian hasil dari naskah setidaknya memuat unsur what/how apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau diagram alir, serta diberi keterangan yang mudah dipahami. Tuliskan temuannya, tetapi jangan dibahas pembahasannya di sini (kecuali bagian hasil dan pembahasan disatukan).

Pembahasan (Discussion). Merupakan diskusi dari hasil penelitian dan memuat analisa, penjelasan, dan dibandingkan dengan teori/jurnal yang ada. Ditutup dengan konklusi ringkas. Bagian pembahasan dari naskah setidaknya memuat unsur (1) unsur why pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis. Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas; dan (2) unsur what else apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain.

Simpulan (Conclusion). Merupakan kalimat atau paragraf singkat terkait kesimpulan penelitian dan implikasinya. Simpulan dilengkapi dengan keterbatasan dan rekomendasi penelitian. Penulisan kesimpulan hanya cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian, atau dapat juga menghasilkan sebuah teori/konsep baru berdasarkan fakta/analisis yang ada; Jangan terkesan membahas lagi di bagian ini. Boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib). Sebaiknya simpulan (serta saran) dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering dan jangan dibagi menjadi sub-bab simpulan dan sub-bab saran.

Pengakuan (Acknowledgement). Merupakan bagian di mana penulis dapat memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap pihak-pihak yang membantu penelitian dapat terselesaikan. Bagian ini boleh tidak dicantumkan.

Daftar Pustaka (References). Penulisan daftar pustaka benar dan lengkap sesuai dengan format penulisan di author guidelines. Kemutakhiran pustaka rujukan terutama khususnya yang dipakai untuk menjustifikasi orisinalitas/novelty (di Pendahuluan) sebaiknya 10 tahun terakhir. Keprimeran literatur pustaka rujukan ≥80% berasal dari literatur jurnal ilmiah untuk naskah kuantitatif atau ≥50% dari literatur jurnal ilmiah untuk naskah kualitatif. Buku-buku dan literatur selain jurnal ilmiah boleh dipakai sebagai acuan, tetapi <20% untuk naskah kuantitatif atau <50% untuk naskah kualitatif. Jumlah rujukan di daftar pustaka disarankan >20 pustaka acuan. Daftar Pustaka disusun secara alphabetical mengikuti sistem Harvard: harvard-citation-guide. Referensi dan sitasi harus menggunakan mendeley.

KETENTUAN SITASI DAN DAFTAR PUSTAKA

  1. Sitasi menggunakan aplikasi Mendeley dengan teknik pengutipan standar baik langsung maupun tidak langsung
  2. Sitasi dalam naskah harus mencakup minimal 15 referensi, 80% di antaranya adalah artikel yang telah terpublikasi.
  3. Referensi yang digunakan tidak lebih dari 10 tahun terakhir. Artikel yang telah dipublikasi lebih dari 10 tahun, dapat disitasi sebanyak 20% dari total naskah.
  4. Disarankan untuk menggunakan referensi yang kurang dari 5 tahun terakhir.
  5. Disarankan untuk menggunakan referensi (tapi tidak terlepas pada) yang terindeks pada: (1) Scopus / Web of Science (jurnal internasional) dan (2) SINTA KEMENRISTEKDIKTI (jurnal nasional) – S1 s/d S6
  6. Penulisan daftar menggunakan metode Harvard dengan susunan paling tidak: Penulis. Tahun. Judul. Publisher (dalam Italic). Volume(Nomor). pp. hal-hal. Contoh daftar pustaka adalah sebagai berikut:

Ahmed, A. S., Neel, M. & Wang, D., 2013. Does Mandatory Adoption of IFRS Improve Accounting Quality? Preliminary Evidence. Contemporary Accounting Research, 30(4), pp. 1344-1372.

Jaggi, B., Leung, S. & Gul, F., 2009. Family control, board independence and earnings management: Evidence based on Hong Kong firms. Journal of Accounting and Public Policy, pp. 281-300.

KETENTUAN TABEL DAN GAMBAR

  1. Tabel/Gambar/Rumus/Model harus ringkas, jelas, berdimensi tinggi, dan tidak pecah.
  2. Tabel disusun dengan menggunakan garis horizontal sisi atas dan bawah kepala tabel. Dan garis horizontal bawah badan tabel. Garis tambahan dapat digunakan untuk menunjukkan perbedaan konten tabel.
  3. Tabel/Gambar/Rumus/Model diberi nomor dan diberi judul dalam baris yang sama, tidak ditebalkan (unbold).
  4. Tabel/Gambar diberi sumber disebelah bawah kiri tabel.
  5. Rumus/Model diberi nomor dalam tanda kurung di sisi kanan naskah dengan pemisah titik.

TEMPLATE JURNAL

Template jurnal dapat diunduh di link berikut: bit.ly/templateekobis

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah yang diterbitkan adalah hasil penelitian yang orisinil.
  2. Naskah memiliki kontribusi ilmiah yang merupakan pengembangan dari ilmu pengetahuan, unik dan memiliki temuan yang bermanfaat baik bagi komunitas akademik maupun masyarakat secara umum.

  3. Naskah belum pernah dipublikasikan di jurnal lain.

  4. Naskah tidak dalam proses penyuntingan di jurnal lain.

  5. Naskah diketik dengan spasi 1, font Cambria ukuran 12, kertas A4.

  6. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan panjang artikel maksimal 6.000 kata atau 20 halaman.

  7. Di halaman pertama harus mencantumkan judul, abstrak, dan kata kunci.
  8. Naskah telah mengikuti template manuskrip EKOBIS.

  9. Proses review dilakukan menggunakan metode double-blind review. Oleh karena itu, Nama penulis, afiliasi, dan alamat email dituliskan pada saat penyerahan naskah dan input metadata artikel dan penulis. Nama penulis, afiliasi, dan alamat email tidak dicantumkan dalam artikel.
  10. Naskah mengikuti etika publikasi EKOBIS.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal yang sudah disebutkan dan tidak akan dibuat untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Penulis menyatakan dengan sesungguhnya bahwa naskah yang dikirimkan ke Ekonomi dan Bisnis adalah bebas dari plagiarisme dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal manapun.