Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Untuk Membantu Administrasi Keuangan Pada UMKM Dapur Spesial Iwak Pari

Authors

  • Yuli Astuti Universitas Amikom Yogyakarta
  • Melany Mustika Dewi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Dewi Anisa Istiqomah Universitas Amikom Yogyakarta
  • Angga Arindra Shonta Universitas Amikom Yogyakarta
  • Gerald Dzulfiqar Adhitama Universitas Amikom Yogyakarta

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan istilah UMKM merupakan usaha atau bisnis yang berpengaruh pada sektor perekonomian masyarakat. Sejak pandemi banyak bermunculan UMKM baru, dimana banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya sehingga beralih ke usaha kecil dan menengah. Pelaku UMKM yang sudah berjalan sejak sebelum pandemi juga banyak yang mengalami penurunan omset, salah satunya adalah Dapur SIP. Namun tidak bisa diketahui secara pasti berapa persen penurunan omset setiap bulannya dikarenakan tidak terdokumentasi secara baik laporan keuangannya. Hal ini terjadi karena kurang peduli dan tidak menguasai teknologi yang ada. Oleh karena itu pada kegiatan ini dilakukan melanggani aplikasi akuntansi untuk memonitoring laporan keuangan penjualan, melakukan pelatihan serta pendampingan agar mitra menjadi UMKM yang lebihi baik dan dapat memonitoring keuangan usahanya.

Author Biography

Yuli Astuti, Universitas Amikom Yogyakarta

Depaartemen: Prodi Manajemen Informatika Pangkat: Lektor

References

W. laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Akunt. dan Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 89–98, 2020, doi: 10.37859/jae.v10i1.1934.

Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Online Sebagai Media Untuk Mengelola Atau Memanajemen Keuangan,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 5, no. 2, p. 454, 2021, doi: 10.52362/jisamar.v5i2.432.

W. C. Putri, Lindawati;, A. Anggraini, S. Hanah, and Indawati, “MENCIPTAKAN UMKM HANDAL MELALUI TERTIB LAPORAN KEUANGAN,” J. Abdimas Tridarma Manaj., vol. 2, no. 3, pp. 108–115, 2021.

P. S. Menejemen and U. Siliwangi, “PEMANFAATAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID ( SIAPIK ) UNTUK MENINGKATKAN ADMINISTRASI KEUANGAN UMKM UTILIZATION OF ANDROID BASED ACCOUNTING APPLICATION ( SIAPIK ) TO IMPROVE FINANCIAL ADMINISTRATION OF MSMES,” vol. 6, no. April, pp. 73–78, 2020.

S. N. Sarfiah, H. E. Atmaja, and D. M. Verawati, “UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA MSMES THE PILLAR FOR ECONOMY,” J. REP ( Ris. Ekon. Pembang. ), vol. 4, no. 1, pp. 137–146, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952.

Published

2023-01-04