Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN UNTUK PENULIS

 

PEDOMAN UMUM

Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan menerima naskah dalam bidang kedokteran dan kesehatan berupa hasil penelitian maupun laporan kasus.

Naskah yang dikirim ke redaksi belum pernah di terbitkan/dipublikasikan oleh jurnal/majalah ilmiah lain dan tidak sedang dikirim kepada jurnal/majalah ilmiah lain dalam waktu yang bersamaan untuk dipublikasikan.

Naskah ditulis dalam format MS Word (.doc), ditulis dalam Bahasa Indonesia berdasarkan Pedoman untuk penulis dibawah ini dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan serta Pedoman Umum Pembentukan Istilah, (kecuali abstrak : ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris) dengan menyesuaikan berdasarkan template artikel.

Untuk mempermudah dan optimalkan naskah penulis disarankan menggunakan alat bantu perangkat lunak atau sarana yang telah tersedia seperti Mendeley dalam manajemen referensi, KBBI online dalam menjaga tiap kata sesuai EYD, Corel draw dalam memaksimalkan resolusi dari gambar.

SISTEMATIKA PENULISAN
a. Naskah diketik spasi 1,5 pada kertas ukuran kertas A4 dengan jarak 2,5 cm dari tepi atas, samping dan bawah, halaman diberi nomor secara berurutan pada kanan bawah kertas dimulai dari halaman sesudah judul.
b. Bagian Awal : judul, nama penulis, institusi, email, dan abstrak.
c. Bagian utama : pendahuluan (memuat arti penting masalah dan rasionalitas peneliti mengapa penelitian tersebut penting, akar masalah penelitian, dan pendekatan masalah penelitian, diakhiri dengan satu paragraf tentang tujuan penelitian), metode penelitian (metode penelitian, bahan dan alat, tempat dan waktu, populasi dan sampel, teknik pengukuran atau dan analisis data), hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan, implikasi dan rekomendasi.
d. Bagian akhir: Daftar Pustaka, keterangan simbol. Daftar pustaka minimal 8 dan ada referensi yang bersumber dari jurnal ilmiah yan sudah dipublikasikan.
e. Tinjauan Pustaka disusun dengan urutan pendahuluan, isi, pembahasan dan kesimpulan.
f. Laporan Kasus disusun dengan urutan pendahulan (latar belakang, tujuan dan manfaat pelaporan kasus), laporan kasus, pembahasan dan saran.
g. Studi Metaanalisis disusun dengan urutan sesuai artikel penelitian.

JUDUL DAN NAMA PENULIS
a. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia, dicetak dengan huruf kapital pada awal kata/ Tittle Case, kecuali kata sambung/penghubung ditulis huruf kecil, dicetak tebal (bold), jenis huruf Times New Romance ukuran 12, spasi tunggal, jumlah kata maksimum 15, maksimal 3 baris. Judul ditempatkan pada posisi tengah kertas atau jarak sama antara tepi kanan dan kiri kertas.
b. Nama penulis ditulis tepat di bawah judul dengan jarak 1 spasi. Identitas penulis tidak disertai gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tidak diawali kata “oleh”. Urutan penulis adalah penulis pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
c. Nama perguruan tinggi dan alamat email semua penulis ditulis di bawah nama penulis. Alamat email semua penulis dicantumkan.
d. Unit kerja dituliskan di posisi tengah, dalam bahasa Indonesia berdasarkan urutan penulis, dan diberi penomoran (superscript) berdasarkan urutan penulis. Nama dan alamat korespondensi dan alamat email dituliskan di posisi tengah, dibawah unit kerja

ABSTRAK
a. Abstrak memuat inti permasalahan/latar belakang masalah, tujuan, metode penelitian, dan temuan-temuan utama penelitian. Abstrak disusun secara naratif terdiri dari maksimum 200 kata dalam spasi tunggal dan dalam satu paragraf, tanpa tulisan latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan
b. Abstrak ditulis secara berurutan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
c. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Romance ukuran 12. Abstrak ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat,
d. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci/keywords, terdiri dari 3-5 kata kunci dengan setiap frase maksimal 3 kata.

ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH
a. Setiap subjudul ditulis dengan huruf Times New Romance ukuran 12, dicetak tebal (bold), tidak disertai penomoran romawi.
Contoh:

PENDAHULUAN

Pendahuluan mencakup tentang latar belakang, tujuan, kebaharuan dan urgensi dari penelitian yang dilakukan, serta hipotesis (jika ada).

METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi Penelitian mencakup desain penelitian, pemilihan subyek penelitian, alat dan bahan serta prosedur penelitian. Pada bagian ini, penulis menyatakan alasan pemilihan metode dan analisa statistic tertentu.

HASIL PENELITIAN

Hasil penelitian dipresentasikan dengan urutan yang umum ke spesifik dengan menggunakan tabel dan gambar yang sesuai. Hasil dari penelitian harus ditekankan pada hasil paling penting yang didapatkan dari penelitian tersebut, tanpa ada interpretasi dari penulis.


PEMBAHASAN

Pembahasan mengandung perbandingan hasil penelitian ini dengan hasil penelitian sebelumnya, serta mengulas implikasi yang didapatkan dari hasil penelitian ini terhadap dunia illmu pengetahuan pada bidang tersebut. Penulis juga harus mengulas kekurangan dari penelitiannya.

KESIMPULAN

Pada bagian ini, penulis menyimpulkan ulasan pada bagian pembahasan, dan menjawab tujuan dari penelitian. Penulis juga dapat memberikan saran dan masukan bagi penelitian selanjutnya.

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih ditujukan untuk orang-orang atau instansi yang terlibat dalam penelitian tersebut, baik dalam hal material ataupun non material.


b. Alinea baru rata kiri dan tidak menjorok ke dalam, antar alinea tidak diberi spasi.
c. Kata asing dicetak miring (italic)
d. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas dan diberi nomor urut
e. Ucapan terima kasih ditujukan kepada para profesional, departemen, institusi dan pihak-pihak lain yang memberikan dukungan teknis, dana atau dukungan lain.

REFERENSI
a. Daftar Pustaka ditulis menurut cara penulisan Vancouver menggunakan mendeley dan diberi nomor urut sesuai dengan urutan pemunculannya, tidak perlu mengurutkan tahun publikasi maupun urutan alphabet.
b. Di dalam artikel, angka ditulis di atas (superscript) tanpa tanda kurung dan setelah tanda baca.Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah.
c. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan journal 5 tahun terakhir dengan urutan meta-
analysis/systemic review; uji klinis: randomized control trial (RCT), quasi experiment; studi observasional: cohort, case control, cross sectional; diskusi panel: prosiding dalam oral
presentation; text book; pendapat ahli dengan proporsi data primer 60%, dan sisanya 40%.
d. Nama penulis yang dicantumkan dalam daftar pustaka maksimum enam. Bila jumlah penulis lebih
dari enam, tuliskan dengan et al.
e. Jumlah Pustaka untuk rujukan artikel minimum 8 dan maksimum 25 serta dibatasi pada tulisan
yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir.
f. Singkatan nama jurnal ditulis sesuai dengan daftar dalam Index Medicus.

PEDOMAN UNTUK PENULIS Versi PDF : 

KLIK

TEMPLATE ARTIKEL : 

KLIK

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Semua artikel yang dikirimkan penulis dan diterbitkan di Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, sepenuhnya hak cipta penerbitan dari Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Dengan teknis mengisi lembar pernyataan penyerahan hak cipta dan mengirimkan ke penerbit.

Catatan :

Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka ke seluruh dunia. Semua artikel yang dipublikasikan dapat diakses oleh pembaca secara pribadi maupun via institusi. Pembaca berhak untuk membaca, mendownload, menyalin, menyebarkan, mencetak, mencari, atau menautkan semua artikel di Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal yang sudah disebutkan dan tidak akan dibuat  untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Penulis menyatakan dengan sesungguhnya bahwa naskah yang dikirimkan ke Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran dan Kesehatan adalah bebas dari plagiarisme dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal manapun.