LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN KOORDINASI TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN SEPAK BOLA

Authors

  • Sabila Nur Fajrin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Agustiyawan Agustiyawan Program Studi D3 Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta
  • Purnamadyawati Purnamadyawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dewi Suci Mahayati RS Pusat Otak Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52019/ijpt.v1i1.2605

Abstract

ABSTRAK

 

Menggiring bola adalah teknik dasar penting dalam permainan sepak bola karena pemain dituntut berlari terus-menerus membawa bola untuk memasukkan bola ke gawang. Keterampilan menggiring bola berkaitan dengan koordinasi, terutama koordinasi kaki, karena tanpa koordinasi pemain akan sulit untuk mengarahkan posisi bola saat digiring. Tujuan literature review ini adalah untuk menganalisa dan menelaah penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengenai hubungan koordinasi terhadap keterampilan menggiring bola pada pemain sepak bola. Metode yang digunakan pada literature review ini adalah metode traditional literature review, yang merupakan analisis secara komprehensif, kritis, dan objektif terkait dengan ilmu atau pengetahuan mengenai topik tertentu yang tidak memiliki pertanyaan penelitian yang spesifik atau metode khusus dalam strategi pencarian pustaka. Literature review ini didasarkan dari 5 artikel berupa jurnal penelitian yang telah terpublikasi pada database elektronik Google Scholar dan GARUDA (Garba Rujukan Digital). Berdasarkan 5 artikel tersebut, menunjukkan hasil terdapat hubungan koordinasi terhadap keterampilan menggiring bola pada pemain sepak bola.

 

Kata Kunci   : Hubungan koordinasi terhadap menggiring bola; Koordinasi; Menggiring bola

 

References

Baumgart, C. et al. Effects of Static Stretching and Playing Soccer on Knee Laxity. Clinical Journal of Sport Medicine. 2015; 0(0):1–5.

Sakti, B. P. I. Hubungan Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan dengan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola pada Siswa Ekstrakulikuler SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang. 2017; 3(2):1–7.

Andualem. G., Silassie, & Demena, T. A Study of Agility, Coordination and Speed As Related To Dribbling and Kicking Performance of Jimma, Woliso and Sebeta Town Male Football Players. Journal of Physical Education Research. 2016; 3(I):47–55.

Supriadi, A. Hubungan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 2015; 14(1):1–14.

Anwari, A. S. Hubungan Antara Koordinasi Mata Kaki, Kekuatan Otot Tungkai, dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Di SMK YAPPI Wonosari. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. 2016;1–9.

Mappaompo, M. A. Hubungan Koordinasi Mata-Kaki, Keseimbangan, Dan Kelincahan Dengan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Tim Gelora Kabupaten Sinjai. Jurnal ILARA. 2012;3(2):86–94.

Hasanuddin, I. Kontribusi Antara Kecepatan, Kelincahan dan Koordinasi Mata-Kaki Dengan Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa MTS Negeri 1 Kotabaru. Jurnal ilmiah Pendidikan. 2018;6(1):96–119.

Bismar, A. R. and Fadillah, A. Hubungan Kelincahan, Kelentukan, Kecepatan dan Koordinasi dengan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola. Competitor: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga. 2019;11:102–108.

Giordano, L. et al. Dribbling in football: Confronting learning theories. Journal of Human Sport and Exercise. 2019;14(Proc2):S228–S232.

Putri, M. W. Hubungan Strenght, Endurance, Dribbling, Passing dan Shooting Terhadap Resiko Cedera Olahraga. Prosiding SENFIKS (Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains). 2019;1(1):1–19.

Hakim, N. Pengaruh Kelincahan, Kecepatan Lari 40 Meter dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Siswa SMPN 4 Takalar. 2018;1–15.

Putra, A. N. Hubungan Antara Rasa Percaya Diri, Kelentukan Togok, Dan Koordinasi Mata-Kaki Dengan Keterampilan Menggiring Bola Atlet Sepakbola Klub Psts Tabing Padang. Journal Research of Physical Education. 2017;8(1):1–12.

Dahlan, F. Pengaruh Model Latihan Cone Drills Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pemain Sepakbola Ekstrakulikuler. Jurnal Penjaskesrek STKIP Mega Rezky Makassar. 2019;5:pp. 1–18.

Published

2021-02-26