STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL ONLINE SHOP “ BUKA LAPAK” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Riastri rias Novianita
  • RR.Rosita Rosita cindrakasih
  • Cindya Cindy Yunita pratiwi
  • Anisti Anisti anisti

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i2.2821

Abstract

Salah satu dari dampak dari pendemi COVID-19 adalah kemrosotan dalam dunia bisnis dan ekonomi. Dengan demikian pemasar maupun pengusaha harus menemukan alternatif solusi untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Belanja saat pandemi melalui online (online shop) merupakan cara lain belanja yang ditawarkan oleh teknologi internet saat ini dengan berbagai kemudahan yang diberikan, seperti kemudahan waktu dalam melakukan pekerjaan tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu.

 

Bukalapak adalah salah satu situs belanja online pendatang baru, jika dibandingkan dengan situs belanja online lainnya. Strategi komunikasi bisnis Bukalapak melalui marketplace. Dengan memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya, Bukalapak juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya.

 

Tujuan dari penelitian pada artikel ini ada dua. 1) Menganalisis strategi Komunikasi Pemasaran online Buka Lapak. 2) Mendeskripsikan pemasaran online dan digital branding Buka Lapak ditengah pandemi COVID 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian referensi yang pengambilan datanya berorientasi pada beberapa referensi yang sesuai. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif,  dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif , didapatkan bahwa strategi pemasaran situs online shop Bukalapak yang dilakukan ditengah pandemi COVID 19 dinilai cukup efektif dilaksanakan pada saat pandemic.

References

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id

Arista, E., & Astuti, S. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 36604.

Armstrong & Kotler. (2011). Prinsip- prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2, 1–14.

Effendi, O. U. E. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Endarto, D. S. (2012). Komunikasi Pemasaran dan Citra Perusahaan. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Freddy Rangkuti. (2002). THE POWER OF BRANDS Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek (Ketiga). PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Ika Fitriyani, Nining Sudiyarti, M. N. F. (2020). STRATEGI MANAJEMEN BISNIS PASCA PANDEMI COVID- 19. 1(2), 40–48.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE (ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6 No.2.

Mia Chitra Dinisari. (2020). E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia, selama Pandemi COVID-19. https://ekonomi.bisnis.com/read/2020 0417/12/1228750/e-commerce- dorong-perekonomian-indonesia- selama-pandemi-COVID-19

Philip Kotler Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (13th ed.). Erlangga.

Purtiwi, N. P. (2018). Menelusuri Pemetaan Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Jurnal Studi Komunikasi. 403–419.

Putri, N. A. (2016). Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 120–128.

Downloads

Published

2021-07-08