ANALISIS PERBANDINGAN KOIL PENGAPIAN STANDARD DAN KOIL PENGAPIAN AFTERMARKET TERHADAP KINERJA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

Authors

  • Margono Sugeng
  • yasin Mukti

DOI:

https://doi.org/10.54378/bt.v15i2.1279

Keywords:

Motorcycle, ignition coil, Power, Torque, AFR

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the engine performance (torque, power, and air fuel ratio / AFR) with a variation of the Standard and aftermarket Ignition Coil on the Honda Astrea Legenda 100cc motorbike. The research method used is the experimental method and carried out at the rotating speed (rpm) change, namely by turning on the engine and opening the gas 3000 rpm to full throttle. From testing the engine performance, it can be concluded that the greatest power is obtained by using the Aftermarket SGP RM 80 Ignition Coil with a power of a maximum of 6.83 hp at 6100 rpm engine speed. The biggest torque was also obtained by the Aftermarket SGP Ignition Coil RM 80 of 5.89 ft-lbs at 6100 rpm engine speed. From AFR testing, it can be concluded that the level of air and fuel ratio (AFR) produced by the aftermarket ignition coil is more fuel efficient based on the Stoichiometric graph. Using this aftermarket ignition coil starts from the AFR 17.66: 1 to 14.50: 1.

 

Keywords: Motorcycle, ignition coil, Power, Torque, AFR

References

Wiranto, Arismunandar. Penggerak Motor Bakar Torak, Edisi 5, Penerbit ITB, Bandung, 2011.

Jama, J dan Wagino. 2008a. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Jama, J dan Wagino. 2008b. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Kristanto, P. 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta: CV. Andi Offest

Rizal, MS. 2013. Konversi Energi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Tjatur, A. 2013. Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Sutiman. 2013 . Sistem pengapian elektronik. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama

Suratman, M. 2002. Servis dan Teknik Reparasi Sepeda Motor. Bandung: CV.Pustaka Grafika.

Soenarto, N dan Shoici F. 2002. Motor serba guna. Jakarta: Pradnya Paramita.

Toyota.n.d. New Step 1 Manual Training Toyota. Jakarta: Toyota Astra Motor Toyota. 1994. New Step 2 Manual Training Toyota. Jakarta: Toyota Astra Motor.

Arends, BMP dan Berenschot H. 1980. Motor Bensin. Jakarta: Erlangga

Kokelaar, PH. J. 1978. Teknik Listrik Jilid II. Jakarta: Pradnya Paramita.

Subroto. 2009. Pengaruh Penggunaan Koil Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin. Jurnal MEDIA MESIN, Vol. 10, No. I, Januari 2009. ISSN 1411-4348

Oetomo, JAS dkk. 2014. Analisis Penggunaan Koil Racing Terhadap Daya Pada Sepeda Motor. Jurnal Teknik Mesin, Tahun 22, No. 1, April 2014.

Hermanto, SD. 2015. Analisa Penggunaan koil racing terhadap daya pada sepeda motor Honda Supra X 100 cc. Skripsi. Fakultas Teknik UNP Kediri.

Margo Laksono, Trio.2016 “ Pengaruh Penggantian Koil Sepeda Motor Dengan Koil Mobil Tipe Basah Merk Denso Dengan Busi Iridium Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Yamaha Mio Tahun 2011”. JTm Volume 4 Nomor 3 2016 hal 385 – 390. Universitas Negeri Semarang.

Febryan, Aulia. Wahab, Abdul. Lesmanah, Unung. “Pengaruh Penggunaan Variasi Koil Terhadap Daya Mesin Motor Yamaha Mio Soul Tahun 2011”. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Islam Malang.

Adityo Prastowo, Kukuh. 2016. Perbandingan Antara Penggunaan Koil Standard Dan Koil Racing Dengan Variasi Celah Elektroda Busi Terhadap Performa Mesin Vario Techno 110 Cc. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

Asroni, Mochtar. 2008 Pengaruh Kuat Arus Pengapian Pada Motor Terhadap Konsumsi Bahan Bakar. Jurnal Flywheel, Volume 1, Nomor 1 Juni 2008. ISSN : 1979-5858

Published

2020-04-17