ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA INDUSTRI SONGKOK UD. ASWAD DAN SON DI DESA BUNGAH GRESIK

Authors

  • sofiyanurriyanti sofiyanurriyanti
  • Febri Ariyanto

DOI:

https://doi.org/10.54378/bt.v15i2.1046

Keywords:

Analisis Strategi Bersaing, Industri Kecil, IFE, EFE Matriks, SWOT Analysis.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi pada usaha kecil dan menengah (UKM) sangatlah memilii peranan yang sangat penting dalam permbagunan ekonomi. Salah satunya yaitu di UD Aswad dan Son merupakan usaha kecil dan menengah kerajinan songkok yang berada di Wilayah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. UD Aswad dan Son  ini didirikan pada tahun 1986 oleh Bapak H. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kondisi objektif di UD Aswad dan Son, menganalisis posisi keunggulan bersaing menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat simpulkan faktor-faktor kekuatan (strengths) mempunyai nilai skor sebesar 2.49, faktor-faktor kelemahan (weaknesses) mempunyai nilai skor sebesar 0.50, peluang sebesar 2.64 dan ancaman sebesar 0.42 yang berarti UD Aswad dan Son mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan faktor kelemahan dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing. Sedangkan dalam menentukan pilihan strategi pada diagram cartecius ditunjukkan ada kuandran IB yang merupakan stable growth dengan skor S < O yaitu peluang pasar sangat berpengaruh pada UD. Aswan dan Son.

References

Deo Lenardus. 2017. Analisis Strategi Bersaing Pada UKM Batik Syafira di Surabaya. Diakses melalui http://karya ilmiah.narotama.ac.id pada tanggal 29 Agustus 2019.

Jafar, H. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Infokop Nomor 25 Tahun XX. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2019.

Louis E. Kurtz, David L. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1.Salemba Empat, Jakarta.

Madura, Jeff. (2001). Pengantar Bisnis Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler dan Armstrong terjemahan Sihombing 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: ERLANGGA.

Pearch Dan Robinson 1997. Diakses dari http://hipni.blogspot.co.id/2012/02/ pengertian definisi manajemen strategi. html, Diakses 27 November 2015.

Porter 1980. Strategi Bersaing. Diakses Dari https://aditnobaka.wordpress.com /2012/10/08/pengertian-konsumen/, Diakses November 2015.

Rangkuti (2006). Pengertian dan rancangan diagram analisis SWOT. Jakarta: Bumi Aksara.

Syuhardi, 2018. Analisis Strategi Bersaing Industri Makanan Tradisional Khas Sumatera Barat. Jurnal of Applied Business and Economics, Vol 4 No 4. 350-359.

Published

2020-04-17