PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PROSES INJEKSI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UPN “VETERAN” JAKARTA DENGAN METODE NASA TLX

Authors

  • Nurfajriah Nurfajriah UPN "Veteran" Jakarta
  • Rifa Arifati
  • Herlina Herlina

DOI:

https://doi.org/10.54378/bt.v13i2.219

Keywords:

Beban Kerja Mental, NASA-TLX

Abstract

Metode pengukuran beban kerja mental meliputi metode objektif dan subyektif. Metode pengukuran beban kerja mental secara subyektif yang banyak diaplikasikan di Indonesia adalah NASA TLX (Task Load Index). NASA TLX adalah pengukuran subyektif yang bersifat multidimensional (multidimensional scalling) yang relative membutuhkan waktu dalam aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur beban kerja mental tenaga medis, dalam hal ini mahasiswa Jurusan Keperawatan FIKES UPN Veteran Jakarta  pada proses injeksi dengan menggunakan metode pengukuran NASA TLX. Dengan diketahui beban kerja mental ini diharapkan dapat bermanfaat untuk merumuskan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk menguranginya. Nilai rata-rata NASA – TLX didapatkan hasil sebesar 80.1, dimana nilai skor > 80 yang menyatakan bahwa beban kerja mental proses injeksi pada mahasiswa merupakan pekerjaan yang berat

Author Biography

Nurfajriah Nurfajriah, UPN "Veteran" Jakarta

Program Studi Teknik Industri, Ka. Laboratorium Analisa dan Perancangan Kerja

References

Simanjuntak, R A. 2010. Analisis Beban Kerja Mental dengan Metode NASA-TLX. Teknik Industri, Institusi Sains & Teknologi AKPRIND: Yogyakarta.

Assyanti, R. (2012). Analisis HUbungan Beban Kerja Mental dengan Kinerja Karyawan Departemen Contract Category Management di Chevron Indoasia Business Unit. Teknik Industri Universitas Indonesia.

Hidayat, T., Fariz, P, Sugiharti, Anizar. Pengukuran Beban Kerja Perawat Menggunakan Metode NASA-TLX di Rumah Sakit XYZ

Iridiastadi, H., Yassierli. 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. . PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ramadhania, N., Parwati, N. 2015. Pengukuran Beban Kerja Psikologis Karyawan Call Center Menggunakan Metode NASA-TLX pada PT. XYZ. Seminar Nasional Sains dan Teknologi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Published

2017-12-20