PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL PROSES INJEKSI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UPN “VETERAN” JAKARTA DENGAN METODE NASA TLX

Nurfajriah Nurfajriah, Rifa Arifati, Herlina Herlina

Sari


Metode pengukuran beban kerja mental meliputi metode objektif dan subyektif. Metode pengukuran beban kerja mental secara subyektif yang banyak diaplikasikan di Indonesia adalah NASA TLX (Task Load Index). NASA TLX adalah pengukuran subyektif yang bersifat multidimensional (multidimensional scalling) yang relative membutuhkan waktu dalam aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur beban kerja mental tenaga medis, dalam hal ini mahasiswa Jurusan Keperawatan FIKES UPN Veteran Jakarta  pada proses injeksi dengan menggunakan metode pengukuran NASA TLX. Dengan diketahui beban kerja mental ini diharapkan dapat bermanfaat untuk merumuskan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk menguranginya. Nilai rata-rata NASA – TLX didapatkan hasil sebesar 80.1, dimana nilai skor > 80 yang menyatakan bahwa beban kerja mental proses injeksi pada mahasiswa merupakan pekerjaan yang berat


Kata Kunci


Beban Kerja Mental, NASA-TLX

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Simanjuntak, R A. 2010. Analisis Beban Kerja Mental dengan Metode NASA-TLX. Teknik Industri, Institusi Sains & Teknologi AKPRIND: Yogyakarta.

Assyanti, R. (2012). Analisis HUbungan Beban Kerja Mental dengan Kinerja Karyawan Departemen Contract Category Management di Chevron Indoasia Business Unit. Teknik Industri Universitas Indonesia.

Hidayat, T., Fariz, P, Sugiharti, Anizar. Pengukuran Beban Kerja Perawat Menggunakan Metode NASA-TLX di Rumah Sakit XYZ

Iridiastadi, H., Yassierli. 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. . PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ramadhania, N., Parwati, N. 2015. Pengukuran Beban Kerja Psikologis Karyawan Call Center Menggunakan Metode NASA-TLX pada PT. XYZ. Seminar Nasional Sains dan Teknologi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Article Metrics

Sari view : 157 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta