PENGADAAN LAMPU PENERANGAN JALAN SEDERHANA BERBASIS PANEL SURYA DI WILAYAH LIMO DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN ENERGI

Authors

  • Teuku Rifath Abizar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Energi Terbarukan, Panel Surya, Ketahanan Energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan solusi penerangan jalan di wilayah Limo dengan menggunakan teknologi lampu penerangan berbasis panel surya. Menggunakan panel surya thin film, dengan efisiensi 7-13% dan daya maksimal 200WP, energi matahari dikonversi menjadi listrik yang disimpan di baterai. Simulasi menunjukkan bahwa panel surya mampu menghasilkan 1 KWh energi, memungkinkan penyimpanan sekitar 312,3Ah dalam baterai. Lampu LED, yang mengonsumsi daya 22,94 Ah, mampu memberikan penerangan selama 13,613 jam. Sensor gerak mengatur aktivasi lampu hanya saat mendeteksi pergerakan, mengoptimalkan penggunaan energi. Evaluasi menunjukkan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Energi Baru Terbarukan (EBT), mendorong penerapan teknologi tenaga surya, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya ketahanan energi dan air. Hasil penelitian ini menyoroti potensi penerangan berkelanjutan dengan energi terbarukan dan dampak sosialnya pada masyarakat.

References

Muchamad Nur Qosim, I. P. (2017). Kontrol Penerbangan Tenaga Surya Sebagai Implementasi Listrik Kerakyatan. Jurnal Energi & Kelistrikan, 136-140.

Sumanth B.R*, L. N. (2017). Design Of Street Lights Powered By Solar Power System. International Journal Of Current Advanced Research, 3887-3891.

Widayana, G. (2012). Pemanfaatan Energi Surya. Energi Surya, 37-46.

Published

2024-06-25