ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PERKAPITA INDONESIA TERHADAP KONSUMSI LISTRIK RUMAH TANGGA TAHUN 2018–2022 DENGAN METODE KOEFISIEN KORELASI DAN REGRESI SEDERHANA

Authors

  • Verianto Nugroho colleger

Keywords:

Korelasi, Regresi

Abstract

Dewasa ini, listrik telah menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa setiap benda disekitar menggunakan listrik agar bisa berfungsi. Faktor utama yang mempengaruhi pemakaian daya listrik adalah banyaknya benda elektronik di dalam rumah seseoarang, yang mana ini juga dipengaruhi oleh pendapatan individu tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan perkapita Indonesia terhadap konsumsi listrik rumah tangga dalam rentang waktu 2014–2022. Metode dan korelasi linier sederhana digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel pendapatan perkapita dan konsumsi listrik rumah tangga. Data ekonomi dan konsumsi listrik diperoleh dari sumber resmi, dan analisis dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistik terkini.

References

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep

Rohendi, Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang

Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

(UI-PRESS)

J. Supranto, M.A. ,2001, Statistika Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta

R Johson and D Wichern, Applied multivariate statistics, Prentice Hall.

Douglas, C. Montgomery, George C. Runger, 2003, Applied Statistic and Probability for Engineer, third edition, John Wiley and Son Inc.

Published

2024-06-25