Pembuatan Video Menggunakan Artificial Intelligence di SMA Negeri 87 Jakarta

Authors

  • Nindy Irzavika Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Musthofa Galih Pradana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nurul Afifah Arifuddin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Neny Rosmawarni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6899

Keywords:

video interaktif, artificial intelligent, media pembelajaran

Abstract

Video interaktif adalah media pembelajaran yang didalamnya mengkombinasikan suara, gerak, gambar, teks, ataupun grafik yang bersifat interaktif untuk menghubungkan media pembelajaran dengan pengguna atau penikmat video. Penggunaan video interaktif dalam kegiatan belajar mengajar dinilai lebih efektif dalam keberhasilan belajar siswa. Selain dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar, video interaktif juga bisa digunakan untuk menarik penonton ketika kita akan memasarkan sebuah produk atau jasa, sehingga tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. Namun keterbatasan sumber daya menyebabkan optimalisasi kegiatan belajar mengajar dengan pemanfaatan teknologi masih terhambat dan menjadi salah satu fokus yang akan terus diupayakan perbaikan serta pengembangannya. Pelatihan merupakan salah satu bentuk pengembangan keterampilan yang dibutuhkan siswa saat ini untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembuatan video menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minat siswa serta meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Melalui pelatihan ini, siswa dapat merancang proyek-proyek video yang lebih inovatif dengan eksplorasi teknologi AI. Siswa juga dapat menciptakan konten yang lebih menarik dan unik dengan memanfaatkan algoritma dan teknik AI.

References

Astuti, F. A. (2021) ‘Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Penguatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Nasional’, Jurnal Sistem Cerdas, 04(01), pp. 25–34.

Hidayatullah, M. T. et al. (2023) ‘Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia’, Journal of Information System and Management (JISMA), 02(06), pp. 70–73.

Ita Soegiarto, Sitti Hasnah, Annisa Nuraisyah Annas, Sri Sundari, E. D. (2023) ‘Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences ( AI ) Pada’, Innovative, 3, pp. 10546–10555.

Jakarta, S. N. 87 (2023) Visi Misi SMAN 87 Jakarta, SMAN 87 Jakarta. Available at: https://www.sma87jakarta.sch.id/profilweb/visimisi.

Liriwati, F. Y. (2023) ‘Transformasi Kurikulum ; Kecerdasan Buatan Untuk Membangun Pendidikan Yang Relevan di Masa Depan’, IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1, pp. 62–71.

Maulana, M. S. et al. (2023) ‘PELA TIHAN CHA T GPT SEBAGAI ALA T PEMBELAJARAN’, JOTIKA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 16–19.

Muarif, J. A. et al. (2019) ‘Hubungan Perkembangan Teknologi Ai Terhadap Pembelajaran Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), pp. 53–60. Available at: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti.

Downloads

Published

2024-01-05