Pelatihan Pemrograman Mobile Berbasis Android di Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang

Authors

  • Nurhuda Maulana Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta
  • Radinal Setyadinsa Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta
  • I Wayan Rangga Pinastawa Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

pelatihan pemrograman mobile, Android Studio, pengembangan aplikasi, teknologi

Abstract

Pelatihan pemrograman mobile berbasis Android merupakan kegiatan yang dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah, Subang dengan tujuan meningkatkan kompetensi teknologi siswa. Pemateri yang terlibat adalah dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan peserta pelatihan terdiri dari siswa dan guru dari SMPIT Al-Ukhuwah dan SMPIT Al-Ukhuwah. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 18 orang, terdiri dari 8 orang guru dan 10 orang siswa. Kegiatan pelatihan ini berfokus pada penggunaan Android Studio untuk membuat aplikasi mobile. Namun, terjadi ketidaksesuaian jadwal karena proses instalasi Android Studio memakan waktu yang cukup lama. Sebagai akibatnya, durasi pelatihan harus diringkas dari 4 modul menjadi 2 modul, dengan tambahan tugas sebagai pengganti materi yang tidak tercakup. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta berhasil membuat aplikasi sederhana berupa kalkulator untuk menghitung volume balok. Pelatihan ini memberikan manfaat yang bagi peserta. Para siswa dan guru meningkatkan pemahaman mereka tentang pemrograman mobile dan pengembangan aplikasi Android. Mereka juga mengembangkan keterampilan kerjasama tim, kreativitas, dan pemecahan masalah. Meskipun terdapat kendala dalam jadwal pelatihan, kegiatan ini tetap berhasil memberikan hasil yang positif. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pelatihan pemrograman mobile di sekolah-sekolah untuk mempersiapkan generasi yang kompeten di bidang teknologi.

References

Firmansyah, E. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan FKIP, 2(1), 657–666.

Profil YPI Al-Ukhuwah. (2023, Juni). https://ypialukhuwah.com/profil/.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., Puspitarini, W., & Kunci, K. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).

Rahayu, T., Wirawan, R., Wahyono, B. T., & Widiastiwi, Y. (2019). Pelatihan Desain Grafis Untuk Lingkungan Siswa Sekolah Masjid Terminal (Master) Di Kota Depok.

Sambas, A., Gundara, G., Ula, S., & others. (2019). Pelatihan Robotika Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Inovasi dan Kreativitas di SMP 11 Bandung. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8–12.

Suryadi, A., Nasution, A., & Febrianti, E. L. (2018). Pengenalan dan pelatihan bahasa pemograman android pada siswa SMK Negeri 1 Air Joman-Kisaran. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 1–4.

Sutiyono. (2023, Mei). Kembangkan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang, TIM Dosen FIK UPNVJ Kenalkan Pemrograman Mobile berbasis Android Kepada Guru dan Murid. https://www.mediaadvokasi.id/2023/05/sbg.html.

Downloads

Published

2023-07-15