Optimalisasi OpenSID untuk mengetahui Status Indeks Desa Membangun (IDM) dan Sustainable Deveopment Goals (SDGs)

Authors

  • Henki Bayu Seta
  • Theresiawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Jayanta Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Abstract

OpenSID merupakan sistem informasi desa berbasis Open Source yang dapat digunakan oleh seluruh desa untuk rujukan pembangunan desa atau kelurahan dan seluruh bidang pembangunan desa. Tahun 2022 Desa Rawa Panjang beserta tim dosen UPNVJ telah membangun OpenSID untuk administrasi kependudukan. Berdasarkan hasil diskusi yang dilaksanakan beserta Kepala Desa dan aparatur desa, dibutuhkan adanya kemudahan untuk mengetahui status desa atau Status Indeks Desa Membangun (IDM) dan Sustainable Development Goals (SDGs). Berdasarkan hasil wawancara tersebut, maka dibutuhkan optimalisasi penggunaan OpenSID dengan menambahkan beberapa fitur dan konfigurasi yang dapat mengakses Status Indeks Desa Membangun (IDM) dan Sustainable Deveopment Goals (SDGs). Sehingga Pemerintahan desa dapat melihat status desa dan upaya komprehensif untuk mewujudkan pembangunan Desa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan praktik secara langsung dan melakukan pendampingan serta pemaparan kepada pihak kepala desa beserta aparaturnya. Tujuan dari program ini adalah operator desa dapat mengaktifkan layanan Sustainable Development Goals (SDGs) desa dan indeks desa membangun (IDM) dan mendapatkan manfaat teknologi yang tersedia melalui  penggunaan website. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan aparatur desa sebesar 84% dan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan dan pemanfataan sistem informasi desa (SID) sebesar 86%.

References

Fahri, M. U. (2020). Sistem Informasi Desa.

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan pemanfaatan web opensid dalam pelayanan publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24-37.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Gava Media.

Hertati, D., Nurhadi, N., & Arundirasari, I. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Desa untuk Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 10(2), 236-248.

Husain, N., Rohandi, M., Latief, M., Mulyanto, A., Bouty, A. A., & Kadim, A. A. (2022). Pendampingan masyarakat Desa Lakeya dalam Pencapaian SDGs Desa. Devotion: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1(2), 31-37.

Hutagalung, S. S., Mulyana, N., & Hermawan, D.(2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Bagi Layanan Kabupaten Lampung Selatan. Sakai Sambayan— Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 54–60.

Praseptiawan, M., Nugroho, E. D., & Iqbal, A. (2021). Pelatihan Sistem Informasi Desa untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Perangkat Desa Taman Sari. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 521-528.

Purwantoro, P., Umaidah, Y., & Enri, U. (2018). Penerapan Knowledge Management System Berbasis Informasi Desa Untuk Meningkatkan Layanan Publik Desa Dukuh Karya. Techno Nusa Mandiri, 15(2), 121-128.

Downloads

Published

2023-07-15