Edukasi Pengenalan Dasar-Dasar Komputer pada Siswa SD IT Buah Hati Kota Padang

Authors

  • Renny Permata Saputri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Monica Fransisca Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Yuliawati Yunus Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Keywords:

edukasi, komputer, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan wajib dilaksanakan oleh dosen. Kegiatan PKM yang dilaksanakan bertemakan pengenalan dan pembelajaran dasar-dasar komputer (hardware, software dan brainware) kepada Siswa SD IT Buah Hati. Mitra yang bekerjasama dalam kegiatan PKM ini adalah SD IT Buah Hati Kota Padang. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa  dasar-dasar pembelajaran komputer (hardware, software dan brainware). Pengabdian ini menggunakan presentasi serta simulasi pengenalan dan pembelajaran dasar-dasar komputer (hardware, software dan brainware). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode analisis, pendidikan, dan edukasi yang dilaksanakan tim pelaksana pengabdian. Kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar, menghasilkan sikap positif, serta komitmen belajar yang kuat terhadap pembelajaran dan sikap yang baik terhadap guru. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan tambahan ilmu kepada siswa dan membangkitkan motivasi belajar mereka.

References

Ansori, Z., & Yulmaini, Y. (2019). Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(01), 55-63.

Fauzi, R. A., Hestiani, M. D., Suciati, D., Saputra, R. A., Juniar, R. P., Himawan, T., ... & Setiabudi, D. P. (2022). Pengenalan Software dan Hardware Komputer Guna Meningkatkan Wawasan Teknologi Kepada Siswa/I SDN Iwul 3 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor–Jawa Barat. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 192-197.

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2019). Strategi pemanfaatan media baru NET. TV. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 21-36.

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202.

Saputri, R. P., Andriani, D., & Fransisca, M. (2022). EDUKASI PENGGUNAAN INTERNET SEHAT BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 11 KAMPUNG JUA. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96-100.

Trisna, N., Elva, Y., & Jamhur, A. I. (2022). Sosialisasi Pengenalan Hadware dan Software Komputer pada Siswa SMP SAHARA Padang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(4), 208-213.

Downloads

Published

2023-07-15