Peran Karang Taruna Dalam Pengembangan Ekonomi Desa Sukmajaya Melalui Platform Digital

Authors

  • Hesti Rosdiana UPN Veteran Jakarta
  • Shanti Darmastuti UPN "Veteran" Jakarta
  • Andi Kurniawan UPN "Veteran" Jakarta

Keywords:

Kata kunci:  Karang Taruna, media sosial, pengembangan ekonomi

Abstract

Desa Sukmajaya di Kecamatan Tajurhalang memiliki produk potensial ekonomi yang khas di wilayahnya. Sayangnya, produk potensial ini masih belum terpasarkan dengan baik, sehingga diperlukan strategi pemasaran produk agar dapat meningkatkan dan mengembangkan ekonomi warga Desa Sukmjaya. Karang Taruna sebagai organisasi sosial yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan ekonomi desa, memiilki peran penting dalam hal ini. Dengan penggunaan platform digital berupa media sosial dan website desa, Karang Taruna dapat memasarkan produk potensial ekonomi guna peningkatan dan pengembangan keonomi Desa Sukmajaya. Pelatihan dan pendampingan penggunaan media sosial untuk memasarkan produk potensial ekonomi guna pengembangan dan peningkatan ekonomi Desa Sukmajaya menjadi tujuan utama kegiatan PKM ini diadakan. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah peningkatan kemampuan pemasaran produk potensial ekonomi oleh Karang Taruna desa secara mandiri.

 

References

Chontina Siahaan, P. R. (2021). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA (STUDI PADA PENGGUNAAN ECOMMERCE DI AKUN MEDIA SOSIAL). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 6 Issue 1, 643-655.

Dadan Darmawan, T. P. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol. 4 No. 2, 160-169.

KOMINFO. (2019). PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA: STRATEGI DAN SEKTOR POTENSIAL. Jakarta: KOMINFO.

Rizki Febri Eka Pradani, L. (2020). Ekonomi Kreatif Melalui Sosial Media. KEADABAN: Jurnal Sosial dan Humaniora, Vo;. 1 No. 2, 61-91.

Triyadi, N. A. (2021). Penyuluhan Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Pengembangan Karang Taruna Mekarsari Rumpin Bogor. PADMA: Jurnal Pengabdian Kepaa Masyarakat, Vol. 1 No. 1, 57-60.

Downloads

Published

2023-07-15